Kesehatan hati sangatlah penting. Biasanya hati harus memiliki kurang dari 5% lemak. Memiliki lebih dari 5% lemak di hati tidak sehat; jika melebihi 10% maka didiagnosis sebagai perlemakan hati. Perlemakan hati dapat terjadi karena faktor genetik atau konsumsi kalori berlebih. Kondisi kesehatan tersebut menyebabkan pankreas terus memproduksi lebih banyak insulin, yang pada akhirnya mengakibatkan diabetes. Selain itu, lemak ekstra di hati bersirkulasi di dalam tubuh, disimpan di kantong empedu, menyebabkan batu empedu. Lipid ekstra yang bersirkulasi juga disimpan di dalam arteri, menyebabkan arteri menjadi keras, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan bahkan kanker. Oleh karena itu, hati yang sehat dan menjaga lemak hati Anda kurang dari 5% adalah kunci umur panjang dan kesehatan yang baik.

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Hati

Konsumsi alkohol memperburuk perlemakan hati. Selain itu, diabetes juga membahayakan hati. Faktanya, penyebab paling umum kanker hati di India dan banyak negara lainnya adalah diabetes. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau memiliki indeks glikemik tinggi membahayakan hati. Yang terpenting, banyak orang yang mempunyai kebiasaan meminum pil untuk hal-hal terkecil; ini bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Tanda Dan Gejala Pertama Dari Masalah Hati

Begitu gejala dan tandanya muncul, semuanya sudah terlambat. Hati adalah organ yang sangat kokoh dan kuat. Kerusakan 60-70% diperlukan sebelum hati muncul dengan tanda dan gejala, seperti kehilangan nafsu makan, penyakit kuning atau nyeri, pembengkakan di perut atau kaki. Umumnya, gejala-gejala tersebut tidak muncul pada penderita penyakit liver, baik yang disebabkan oleh alkohol, obesitas, maupun faktor lainnya. Ingatlah bahwa hati Anda memiliki ketahanan, tetapi jangan memaksakannya.

Cara Menjaga Kesehatan Hati

Pertama, untuk mengetahui bahwa Anda sehat dan hati Anda juga sehat, lakukan pemeriksaan mandiri dengan cepat. Catat apakah ayah, ibu, saudara laki-laki, saudara perempuan, atau siapa pun dalam keluarga Anda menderita diabetes, tekanan darah, kanker, hipertensi, batu empedu, atau ovarium polikistik, penyakit ginjal kronis, sirosis hati, hati berlemak, atau obesitas. Jika ada anggota keluarga yang memiliki masalah kesehatan ini, Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami hal yang sama. Selain itu, jika Anda kelebihan berat badan, artinya BMI Anda lebih dari 23, kemungkinan besar Anda memiliki kelebihan lemak di hati. Jika Anda menderita diabetes, tekanan darah, hipertensi, Anda memiliki peluang lebih tinggi terkena perlemakan hati.

Untuk menjaga kesehatan hati Anda, kurangi asupan gula karena glukosa, fruktosa, maltosa semuanya dapat diubah menjadi fakta. Selain itu, jaga agar tubuh tetap bergerak, lakukan olahraga setiap hari (berkeringat selama 45+ menit). Ingat setidaknya 50-60% dari total asupan makanan Anda harus mentah. Jaga berat badan tetap terkendali dan bangun lebih banyak otot.

Tips Menjaga Kesehatan Hati

Pesan pentingnya adalah Anda harus memahami bahwa tubuh Anda dibuat dengan cara tertentu dan Anda dapat menjaga kesehatan Anda jika Anda berhati-hati dalam jangka waktu yang lama. Jadi, dari kecil, selain vaksinasi, tidak perlu obat-obatan. Pola pikir sejak usia dini adalah ‘Saya harus menjaga kesehatan saya’. Kendalikan kesehatan Anda dan buatlah komitmen pada diri Anda sendiri – ‘Saya tidak akan membiarkan tubuh saya, atau kesehatan saya dirusak; jika aku merusaknya, aku akan menderita’. Anda tidak akan pernah membiarkan mobil Anda penyok, dan Anda akan merawatnya dengan baik. Lakukan hal yang sama untuk tubuh Anda.

Satu mitos kesehatan atau kebugaran yang ingin Anda hancurkan…

Bahwa makan makanan enak, makan makanan kaya membuat Anda sehat. Hal ini dapat bermanfaat, namun seringkali menjadi kontraproduktif.

Baca Juga :

8 Manfaat Ampuh Minum Susu Bagi Kesehatan

Jaga Kesehatan Hati? Yuk, Rajin Konsumsi Minuman dan Makanan Berikut Ini!

10 Manfaat Minyak Hati Ikan Cod Untuk Kulit Dan Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Tips Teratas Cara Berhenti Muntah

Muntah mungkin merupakan kejutan yang tidak menyenangkan, tetapi