Dengan datangnya musim panas, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengalahkan panas selain berenang di kolam renang atau menyelami ombak pantai, jika Anda beruntung memilikinya di dekat Anda. Meskipun ini adalah penghilang stres yang hebat dan aktivitas yang membuat Anda kehilangan kendali karena cuaca panas, Anda tidak dapat mengabaikan kemungkinan efek samping yang mungkin timbul akibat Klorin, air asin, dan paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

Pallavi Sule, Dermatolog dan Dokter Estetika berbagi, “Melembabkan kulit sebelum dan sesudah berenang adalah aturan yang harus diikuti. Klorin adalah penyebab hilangnya semua minyak alami dari tubuh, oleh karena itu Lotion Penetral Klorin digunakan sebelum berenang. Lotion ini mengandung pelembab seperti lidah buaya, lilin lebah, dll yang akan membantu melembabkan kulit. Jika Anda tidak dapat menemukan losion ini, gunakan minyak apa pun seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, yang akan membentuk lapisan pelindung antara kulit dan air yang mengandung klor.

Pallavi menyarankan hal-hal yang perlu dan tidak boleh dilakukan sebelum berenang:

LAKUKAN:

  • Kenakan perlengkapan renang lengan lengkap untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya.
  • Selalu gunakan tabir surya tahan air dalam jumlah banyak 20 menit sebelum berenang
  • Basahi kulit sebelum memasuki kolam
  • Bilas klorin setelah berenang dengan pancuran air hangat
  • Melembabkan kulit dengan baik setelah berenang. Juga jika seseorang akan terkena sinar matahari lagi, oleskan selapis tabir surya

JANGAN

  • Jangan berada di dalam pakaian yang basah dan mengandung air yang mengandung klor dalam waktu lama
  • Jika berada di kolam renang lebih dari 40-60 menit, gunakan kembali tabir surya jika memungkinkan. Ini karena sebagian besar tabir surya tahan air hingga 40 menit.
  • Jangan gunakan sabun dan sampo yang keras untuk mandi setelah berenang.
  • Lap tubuh hingga kering, jika lipatan atau ruang tubuh dan jaring dibiarkan basah dapat menyebabkan infeksi jamur
  • Satu Untuk Bibir: Bibir Anda juga rentan terhadap sengatan matahari dan dehidrasi, jadi pastikan untuk mengoleskan lip balm dengan SPF sebelum pergi berenang. Oleskan kembali secara teratur, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam air.
  • Berhati-hatilah: Kolam renang dipenuhi dengan desinfektan Klorin. Kulit biasanya kedap tetapi rentan terhadap bahan kimia tertentu dan tubuh yang tenggelam dalam air klorin dalam waktu lama akan menimbulkan efek berbahaya.

Tips Praktis

Berikut adalah beberapa tips praktis yang dibagikan oleh Dr Pallavi, yang akan menjaga kulit aman dari klorin:

  1. Bilas kulit dnengan air non-klorin sebelum berenang. Ini membentuk lapisan pelindung antara kulit dan klorin.
  2. Jagalah tubuh Anda tetap terhidrasi. Minumlah banyak cairan sebelum berenang seperti air putih/jus buah. Hindari dehidrasi cairan yang mengandung kafein.
  3. Oleskan losion penetral klorin sebelum berenang. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda dapat menggunakan minyak kelapa sederhana sebelum berenang. Jika berenang di luar ruangan, oleskan tabir surya dalam jumlah banyak. Ini akan melindungi kulit dari sinar UV.
  4. Segera mandi setelah berenang. Mandi akan membilas semua klorin pada kulit.
  5. Melembabkan merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit pasca berenang. Klorin menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga lotion pelembab tubuh yang baik membantu memulihkan hidrasi dan juga melindungi kulit dari kekeringan dan pecah-pecah.

Baca Juga :

Alasan Hidrasi Sangat Penting Untuk Kesehatan Kulit Musim Panas

Pelembab Berbasis Bahan Alami Adalah Pejuang Kulit Musim Panas

Mengidap Diabetes? Jaga 5 Aspek Pola Makan Ini Di Musim Panas Untuk Mengelolanya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Penting untuk Pencegahan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya?