Bayangkan seorang yang berjalan di atas tali yang menyeimbangkan dirinya dengan mudah… Hal ini mirip dengan apa yang dilakukan wanita setiap hari – dari ruang rapat hingga ruang tamu, memainkan berbagai peran – yang masing-masing menuntut sebagian dari energinya, baik fisik maupun mental.

Ini seperti menjadi bintang pertunjukan kita sendiri. Tapi hey! Meskipun kita dengan baik hati memainkan semua peran tersebut, di manakah perhatian kita terhadap kesejahteraan kita?

Antara keluarga dan pekerjaan, apakah kita berhenti sejenak untuk mempertimbangkan kekuatan yang KITA perlukan? Apakah Anda memberi diri Anda cukup waktu untuk diri sendiri? Satu hal yang dapat Anda tambahkan ke rutinitas perawatan diri untuk membina diri dari dalam ke luar adalah yoga. Jadi, baca terus dan alihkan fokus ke kesejahteraan Anda!

  1. Menyinkronkan Yoga Dengan Fase Menstruasi

Sepanjang siklus menstruasi, yoga terbukti menjadi pendamping holistik, mengatasi berbagai kebutuhan di setiap fase.

  • Dalam fase menstruasi, relaksasi dan pemulihan adalah prioritas utama! Pose seperti Pose Anak dan Peregangan Kucing-Sapi membantu mencapai hal yang sama. Latihan pranayama bagaikan buah ceri di atasnya karena latihan pernapasan membantu Anda menenangkan pikiran.
  • Saat tingkat energi berfluktuasi selama fase folikuler, pose seperti Surya Namaskar mempersiapkan tubuh untuk ovulasi.
  • Kemudian tibalah fase ovulasi, di mana Anda mungkin akan merasakan peningkatan energi dan kekuatan, sehingga memberi Anda kesempatan untuk berusaha lebih keras dalam berolahraga. Anda bisa mencoba Pose Merpati, Pose Prajurit II, Pose Jembatan, dan Pose Papan.
  • Fase luteal mengetuk pintu dengan beberapa gejala pramenstruasi! Anda akan merasakan sedikit penurunan energi. Pose restoratif seperti Legs Up The Wall, Supported Bridge Pose, Cat-Cow Stretch, Reclining Butterfly Pose dapat membantu tubuh Anda rileks.

Ikuti rutinitas yoga Anda sepanjang bulan, dan Anda akan merasa seperti memiliki teman yang dapat diandalkan yang selalu tahu apa yang Anda butuhkan!

  1. Yoga Untuk Tulang Kuat

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang wanita mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan pria. Salahkan perubahan hormonal, penurunan kadar estrogen, atau risiko osteoporosis yang lebih tinggi, tetapi ada hikmahnya! Berbeda dengan olahraga intens, yoga menawarkan pendekatan yang lebih lembut namun ampuh dalam menjaga kesehatan tulang. Pose seperti Pose Pohon, Pose Segitiga, Pose Prajurit II, Pose Belalang, Pose Kaki Di Atas Tembok, dan Pose Anjing Menghadap ke Bawah dapat meningkatkan kepadatan tulang, sekaligus membangun ketahanan.

  1. Yoga Untuk Kesehatan Payudara

Setiap empat menit, seorang wanita India didiagnosis menderita kanker payudara – hal ini benar-benar membuka mata! Ini bukan lagi hanya menjadi perhatian klub tahun 40an; bahkan wanita yang lebih muda pun ikut naik ring. Meskipun angkanya mengkhawatirkan, kita punya kekuatan untuk menjaga kesehatan payudara kita! Pose seperti Cow Face Pose, Warrior II, Cobra Pose, Warrior II, dan Bow Pose memberikan peregangan dada yang baik, merangsang drainase limfatik dan memperkuat tubuh bagian atas.

  1. Yoga Untuk Stres

Saat kita memikul beban berbagai peran dan tanggung jawab, stres menjadi tamu yang tidak asing lagi. Namun apa sih yang mengundang stres? Ya, stres menjadi bagian dari hidup kita ketika kita tidak menyadari asal usulnya, ketika kita tidak menyadari langkah selanjutnya. Latihan yoga setiap hari akan membantu Anda menjadi lebih sadar, membantu Anda mengurangi stres, dan meningkatkan kedamaian batin dengan memberi Anda lebih banyak kendali atas pikiran Anda.

  1. Yoga Untuk Citra Tubuh

Dengan gerakan penuh perhatian dan penerimaan diri sebagai intinya, yoga dapat mengubah hubungan Anda dengan tubuh Anda, menjadikannya sekutu yang kuat untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Saat Anda berlatih, Anda akan menyadari bagaimana Anda menyadari tubuh Anda. Ketika Anda sadar, Anda menerimanya. Dan penerimaan diri adalah suatu keharusan untuk kepercayaan diri! Yoga juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, meningkatkan citra diri yang positif dan tentu saja, tubuh yang lebih baik dan sehat.

Ingatlah selalu, kekuatan bukan hanya tentang apa yang kita lakukan untuk orang lain; ini juga tentang memupuk kebiasaan baik untuk diri kita sendiri setiap hari. Dan yoga adalah salah satu kebiasaan yang dapat membantu semua wanita merayakan diri mereka sendiri! Mari kita ubah definisi perawatan diri dan jadikan yoga sebagai kekuatan super kita.

Baca Juga :

5 Pose Yoga yang Mudah Dicoba PCOS Di Rumah

4 Pose Yoga dan Total Kalori yang Dibakar Dalam Satu Jam

6 Pose Yoga Ini Akan Membantu Kamu Cepat Tidur di Malam Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), tindakan