Kulit yang putih, bersih, cerah, dan mulus adalah dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Mempunyai kulit putih berseri akan memancarkan kesan kebersihan dan keindahan. Orang yang berkulit putih merona juga terkesan lebih muda dan tetap menarik di usia tua.

Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan orang untuk mendapatkan kulit yang putih. Mulai dari lulur, menggunakan zat pemutih kulit, produk-produk kecantikan, sampai menjalani operasi bedah kulit. Masing-masing mempunyai kelebihan dan risiko yang harus ditanggung.

Berikut ini 5 buah yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit, mencerahkan kulit, dan membuat kulit menjadi lembut dan mulus (mrusuh). Untuk mendapatkan khasiatnya, ada yang dikonsumsi langsung, digosok-gosokkan pada kulit, dan ada pula yang dibuat masker atau lulur. Cara ini sangat ampuh dan terbukti efektif. Ini adalah alternatif yang paling aman dan alami untuk mendapatkan kulit yang putih natural.

  1. Buah Apel

APEL

Buah apel kaya akan vitamin A, B, C, dan K. Buah apel juga kaya mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, sodium, silikon, magnesium, belerang, dan klor. Selain itu buah apel mengandung antioksidan dan quercetin yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan melindungi kerusakan kulit.

Di dalam buah apel terdapat kandungan yang sering ditemukan dalam industri kosmetik, yaitu alpha hydroxide acid (AHA) dan asam malat atau malic acid. AHA bermanfaat untuk mengurangi keriput dan merupakan senyawa anti-penuaan. Sedangkan asam malat berguna sebagai eksfoliator atau pelepas kulit mati. Selain itu, dalam buah apel juga terkandung zat yang dapat menetralisir kelebihan minyak pada kulit, terutama kulit wajah. Sehingga buah ini juga sesuai untuk perawatan kulit yang berminyak.

Fakta tentang nutrisi buah ini sangat cocok dimanfaatkan untuk merawat kulit dari dalam dan luar. Mengonsumsi langsung buah apel dan memanfaatkan buahnya untuk masker dapat mengurangi kerutan wajah, meremajakan kulit, menghaluskan dan mencerahkan kulit, serta membantu pelepasan sel-sel kulit yang mati.

Merawat kulit dengan buah apel caranya cukup sederhana. Iris buah apel tipis-tipis. Bersihkan kulit Kamu terlebih dahulu kemudian gosok-gosokkan irisan buah apel yang masih mengandung tersebut pada kulit. Diamkan 15 – 30 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin minimal seminggu sekali. Kulit Kamu akan terlihat putih, bersih, lembut, halus, mulus, cerah, dan bercahaya.

  1. Buah Tomat

atasi-jerawat-dengan-mudah-dan-murah-gunakan-masker-tomat-bisa-begini-caranya

Buah tomat, ada yang bilang sayur tomat, kaya akan lycopene yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat pancaran sinar matahari secara langsung. Tomat juga mengandung senyawa yang dapat merangsang peningkatan kolagen dalam tubuh kita. Kolagen membuat kulit kencang, kenyal, lembut, stabil, dan tidak mudah kendur. Selain itu tomat juga berkhasiat untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit dan mengatasi jerawat.

Mengonsumsi buah tomat secara rutin sehari satu buah akan dapat meremajakan kulit dan terhindar dari penuaan dini. Selain itu perlu juga dilakukan perawatan kulit dari luar. Caranya cukup mudah. Pilih sebuah tomat yang sudah berwarna merah. Lumatkan dengan menggunakan blender sampai berbentuk pasta, baik juga jika dicampur susu cair. Kemudian gunakan pasta tomat tersebut sebagai masker kulit. Diamkan kira-kira 15 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Dengan memanfaatkan khasiat buah tomat, Kamu akan mendapatkan kulit yang bersih dan putih. Pori-pori akan mengecil sehingga kulit tampak lebih lembut. Jerawat dan plak hitam pun segera hilang sehingga tampak lebih cerah. Di samping itu, kelebihan minyak pada kulit akan berkurang sehingga wajah tidak terlihat kusam.

  1. Buah Strawberry

gallery-1432664914-strawberry-facts1

Kandungan vitamin C, E, dan K pada buah strawberry termasuk sangat tinggi. Vitamin C berperan dalam peningkatan produksi kolagen. Selain itu vitamin C juga mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan garis-garis yang muncul pada kulit kita. Buah strawberry juga mengandung asam salisilat yang biasanya dipakai dalam produk-produk kecantikan. Asam salisilat ini mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit tampak lebih lembut dan halus.

Selain itu, di dalam strawberry juga terkandung alpha hydroxide acid (AHA) yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga lapisan sel kulit baru muncul dengan pesona yang lebih muda dan kencang. Buah strawberry juga merupakan toner yang membantu pigmentasi kulit sehingga tampak lebih cerah dan segar alami.

Perawatan dari dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi langsung buah strawberry. Jika tidak tahan dengan rasa asamnya, bisa ditambah dengan sedikit gula. Lebih enak lagi kalau diminum dalam bentuk jus strawberry. Sebaiknya jus strawberry dibuat sendiri supaya bisa mengatur kadar gulanya.

Sedangkan perawatan dari luar bisa dilakukan dengan membuat masker atau scrub strawberry. Caranya tidaklah sulit. Kamu tinggal melumatkan beberapa buah strawberry dengan blender. Tambahkan air sedikit saja agar terbentuk seperti pasta. Boleh juga ditambahkan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kemudian gunakan pasta strawberry ini sebagai masker kulit. Diamkan antara 15 – 20 menit. Jangan lupa dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setidaknya seminggu sekali. Kamu akan mendapatkan kulit yang bersinar putih merona.

  1. Buah Alpukat

Avocado-Recipes

Buah alpukat mempunyai kandungan yang dapat membuat kulit menjadi putih berseri, di antaranya vitamin C dan K. Vitamin C pada buah alpukat membantu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga akan tetap tampak muda dan kencang. Sedangkan vitamin K bermanfaat menangkal kulit kusam dan bersisik.

Alpukat mengandung vegetable oil atau minyak nabati yang dapat diserap secara sempurna oleh kulit. Minyak nabati ini sangat efektif mengatasi kulit kering sehingga kulit tampak lebih lembab berseri. Buah alpukat juga kaya potasium yang merupakan mineral alami yang dibutuhkan oleh kulit.

Perawatan kulit dengan buah alpukat bisa dengan cara mengonsumsi langsung atau dipakai sebagai lulur. Cara membuatnya lulurnya sangat mudah karena buah ini tergolong lunak dan teksturnya lembut. Kamu cukup melumatkan dengan sendok. Kemudian oleskan ke permukaan kulit. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Lulur buah alpukat ini sudah terkenal ampuh dan efektif sebagai masker alami untuk memutihkan kulit.

  1. Buah Pepaya

papaya2

Buah pepaya sarat akan vitamin A, C, dan E, serta antioksidan. Kandungan yang ada pada buah pepaya tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit yang mati dan mencegah munculnya kerut pada wajah. Kandungan vitamin dalam buah ini juga membantu melembabkan kulit, mengembalikan kulit kusam menjadi segar dan cerah kembali. Buah pepaya juga sangat ampuh meremajakan kulit yang mulai mengalami penuaan dini.

Makan buah pepaya secara rutin dapat membantu pemutihan kulit. Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya juga mampu menyembuhkan dan meremajakan kulit. Mengonsumsi buah pepaya sangat cocok untuk merawat kulit yang berminyak dan kusam. Buah pepaya ini mempunyai efek membersihkan dan melembutkan. Cara mengonsumsinya bisa dimakan langsung, dijadikan sayuran, ataupun rujak.

Buah pepaya yang sudah ranum dapat dijadikan masker wajah. Haluskan buah pepaya dan campur dengan satu sendok madu. Aduk sampai rata hingga membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker pepaya ini seminggu sekali. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kulit Kamu akan terlihat putih bersinar cantik alami.

Buah pepaya yang masih hijau juga berkhasiat mencerahkan kulit. Pepaya ini mempunyai kandungan enzim papain yang lebih banyak dan sangat cocok untuk memutihkan kulit. Sebaiknya ketika membuat masker pepaya campurlah dengan pepaya yang masih hijau ini. Buat takaran yang sama antara pepaya yang masih mangkal dengan pepaya yang sudah ranum.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Make Up Natural Yang Bisa Kamu Tiru Bagi Kamu Yang Masih Pemula

Tanpa menggunakan make up, aktivitas sehari-hari pastinya akan