Ingin tahu apa sebenarnya apa itu jerawat dada? Menurut Joshua Zeichner, MD., dokter kulit bersertifikat di New York, jerawat dada merupakan kombinasi dari berbagai jenis jerawat yang terjebak dalam kulit.

Oke, tapi apa bedanya dengan jerawat biasa?

Sebenarnya tidak jauh berbeda. Penyebab jerawat dada sama dengan penyebab jerawat biasa, yang membedakan hanya posisinya saja. Jerawat biasa ada di kulit wajah, sedangkan jerawat dada ada di dada, tentu saja.

Berikut adalah cara untuk menyembuhkan jerawat dada :

  • Gunakan sabun khusus jerawat

Mulailah dengan mengatasi jerawat dada selama kamu mandi. Dokter kulit merekomendasikan kamu untuk menggunakan sabun dengan kandungan asam salisilat yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati.  Jika kamu memiliki jerawat dada yang lebih meradang (ciri-cirinya seperti pori-pori merah dan tersumbat) maka kamu perlu memilih sabun dengan formula benzoil peroksida, yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kamu. Setiap mandi, gunakanlah sabun jerawat pada dada kamu, diamkan beberapa saat, baru bilas. Mudah, kan?

  • Pastikan untuk membersihkan sel kulit mati

Kamu perlu menghilangkan sel-sel kulit mati pada area dada. Gosok lembut kulit kamu untuk memungkinkan keratin berlebih yang menyumbat pori-pori kamu hilang. Menurut dokter kulit Shari Marchbein, MD., pengelupasan kulit juga bagus untuk mengobati hiper-pigmentasi di dada kamu setelah jerawat kamu hilang. Namun ingat, pembersihan berlebihan dan pengelupasan berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit, jadi lakukan dengan lembut dan maksimal tiga kali seminggu.

  • Cobalah pengobatan topikal

Apakah mandi dengan sabun jerawat dan membersihkan sel kulit mati belum mampu menghilangkan jerawat di dada kamu? Hmm, mungkin kamu bisa mencoba pengbatan topikal seperti benzoyl peroksida, asam salisilat, atau adapalene (yang menjaga sel-sel kulit agar tidak saling menempel dan menyumbat pori-pori). Ini akan bermanfaat dalam mengobati jerawat di dada. Oleskan formula pilihan kamu pada jerawat di dada kamu dan biarkan mengering sebelum kamu memakai pakaian apa pun.

  • Beralih ke resep obat oral

Jika pengobatan dari luar masih belum membuahkan hasil, kamu bisa beralih atau menambahkan obat dari dalam atau obat oral. Pasien-pasien yang menderita jerawat dada mendapat manfaat dari penggunaan obat-obatan oral. Karena banyak kasus dengan luas permukaan dada yang besar, jadi kadang-kadang sulit untuk sepenuhnya mengobati jerawat dengan obat luar, terutama jika kondisi jerawat di dada kamu sudah parah.

  • Perhatikan rutinitas pasca olahraga

Apakah kamu seseorang yang suka duduk bersantai setelah olahraga? Oke, bersantai sambil main HP setelah olahraga memang menyenangkan, tapi kamu perlu memikirkan tentang pakaian kotor yang kamu kenakan. Setelah olahraga, badan kamu tentu berkeringat dan pakaian kamu basah penuh keringat dan kotor. Tentu saja, kamu harus segera mandi atau membasuh keringat di tubuhmu dan segera berganti pakaian. Jika kamu tetap menggunakan pakaikan kotormu yang penuh keringat itu, kamu akan memicu dan memperburuk jerawat di dada kamu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/inilah-6-penyebab-jerawat-yang-mungkin-kamu-belum-tahu/

http://www.tampilcantik.com/cara-menghilangkan-jerawat-punggung-5-tips-dan-produk-dari-dokter-kulit/

http://www.tampilcantik.com/hindari-inilah-4-makanan-yang-sukses-datangkan-jerawat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenali dan Mengatasi Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Tahukah kamu, kulit berminyak memiliki kemungkinan untuk mengalami