Seluruh dunia terasa sangat ramai dan kacau sekarang, apalagi di media sosial. Sulit untuk fokus pada pekerjaan, sementara handphone kamu kamu terus-menerus ramai dengan pemberitahuan dan pesan dari teman-teman yang gelisah. Banyak upaya telah dilakukan untuk membantu membatasi penyebaran COVID-19, termasuk pembatalan berbagai acara. Tetapi membatalkan rencana dan tinggal di rumah bisa membuat kamu kesepian dan rasanya benar-benar aneh, itulah sebabnya kamu memerlukan kegiatan untuk membantu kamu menanggulangi kecemasan supaya kamu tetap sehat secara rohani selama berada di rumah :

  • Tetap Terhubung

Kesepian dapat memiliki dampak yang sangat nyata pada kesehatan mental kamu. Menjadi penting untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman dan rekan kerja, untuk membantu mencegah kesepian dan mengurangi kecemasan. Untungnya, teknologi membuat kamu tetap berhubungan dengan mudah. Kamu bisa berhubungan lewat WhatsApp, e-mail, Instagram, Facebook, Twitter, dsb.

Berkomunikasi dengan diri sendiri selama periode ini juga penting. Kamu bisa mulai menulis jurnal atau diary. Latihlah kejujuran dari perasaan kamu yang sebenarnya, curahkanlah ke dalam jurnal. Dan Ingat bahwa kamu tidak sendirian, tetapi semua orang yang kamu kenal kemungkinan mengalami hal yang sama sepertimu.

  • Stay Calm

Meditasi,  olahraga  dan relaksasi secara keseluruhan dapat membantu meredakan kecemasan kamu. Dedikasikan beberapa menit setiap hari untuk relaksasi — coba tonton video yoga di YouTube atau unduh aplikasi meditasi. Makanlah dengan baik dan tidur yang nyenyak juga bisa memberi kamu kendali atas kesehatan mental kamu.

  • Lakukan Hal yang Membuatmu Semangat

Pilih sesuatu yang dapat kamu lakukan saat kamu menjauhkan diri dari kegiatan sosial, seperti mencoba resep makanan yang sudah lama kamu inginkan, menonton acara TV favorit kamu, membaca buku yang ingin kamu baca, dsb. Tentu banyak kegiatan yang ingin kamu lakukan tapi belum kesampaian karena kamu tidak punya waktu luang. Nah, lakukanlah ini sekarang. Bukankah ini saatnya kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton series yang ingin kamu tonton?

  • Batasi Berita dan Media Sosial yang Mengganggu

Tentu sangat penting untuk terus update berita selama masa tidak pasti seperti ini. Namun, jangan lupa bahwa menerima pesan konstan dari teman-teman yang cemas atau mendapat pemberitahuan yang mengkhawatirkan bisa mengganggu dan membuatmu cemas. Jadi sisihkan waktu untuk offline dari semua hal, istirahat sejenak dari berita dan kabar-kabar, supaya kamu punya waktu untuk me-reset pikiran kamu.

  • Buat Harimu Senormal Mungkin

Saat kamu bekerja dari rumah, lakukanlah rutinitas yang mencerminkan kehidupan sehari-hari di kantor. Artinya, kamu tetap mengatur alarm dan bangun pagi, kamu juga bisa mengatur laptop di meja kerja sebagaimana kamu berada di kantor, kamu juga boleh berdandan dan berpakaian layaknya pergi ke kantor (jika kamu menginginkannya). Lakukan hal normal, supaya kamu merasa baik. Dan jangan lupa, beristirahatlah secara teratur dan makan seperti biasa. Tahan keinginan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga atau bekerja sampai larut malam. Sebisa mungkin, pertahankan jam kerja reguler kamu meskipun sekarang kamu bekerja dari rumah.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/virus-corona-covid-19-vs-influenza-flu-apa-bedanya/

http://www.tampilcantik.com/qna-tentang-covid-19-virus-corona/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Paling Umum yang Berbahaya Saat Berolahraga di Rumah

Mendapatkan tubuh impian bisa memakan waktu lebih lama