masalah pada kulit

Ada banyak sekali masalah pada kulit, yang sayangnya sering tak dijadikan perhatian. Padahal masalah serta gangguan kulit kadang kala bukan hal yang bisa diremehkan begitu saja. Misalnya saja, 5 gangguan kulit dibawah ini yang menjadi pertanda dini untuk masalah kesehatan yang lebih serius.

Dibawah ini akan kami kulik lebih jauh ya mengenai masalah kulit yang berujung pada masalah kesehatan tersebut.

Jerawat membandel dan berdarah

Memiliki jerawat sebenarnya normal saja. Jerawat sendiri merupakan masalah pada kulit yang disebabkan karena tersumbatnya pori-pori dengan sebum, minyak, serta kotoran. Selain itu jerawat juga disebabkan karena perubahan hormon yang memicu kerja kelenjar minyak di wajah.

Namun tipe jerawat satu ini, rupanya bisa berujung pada kanker kulit tipe non-melanoma. Salah satu ciri-ciri dari kanker kulit rupanya adalah jerawat membandel yang tak hilang hingga lebih dari dua minggu. Selain itu ketika dipencet, yang keluar dari jerawat adalah darah. Tak hanya muncul di wajah, jerawat ini biasanya muncul pada kulit yang terekspos matahari.

Bibir pecah-pecah yang berlanjut

Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan karena udara yang dingin atau panas, serta kurangnya dehidrasi pada tubuh. Dan biasanya, kulit bibir yang terkelupas, perih, dan juga kering ini bisa sembuh dengan mudah menggunakan lipbalm atau perawatan alami dengan madu dan gula kasar.

Tapi bila bibir pecah-pecah selama 4 hingga 8 minggu, sebaiknya waspada ancaman ctinic cheilitis, yang merupakan luka penyebab pra-kanker. Tanda-tanda penyakit ini tak hanya bibir yang kering, namun juga daerah mulut menjadi terkelupas dan melepuh.

Kulit kering

Kulit kering, terutama bila hanya di salah satu bagian tubuh saja bisa menjadi tanda beberapa penyakit. Salah satunya adalah actinic keratosis (AK), yang merupakan penyakit pra-kanker. Tanda-tanda dini dari penyakit ini adalah kulit yang terasa kasar seperti kertas gosok. Keadaan itu pun sudah beberapa lama dan tak sembuh dengan diberikan lotion.

Leher dan ketiak menghitam

Terjadinya penghitaman pada leher dan ketiak merupakan salah satu pertanda terjadinya penyakit diabetes tingkatan 2. Tanda-tanda penghitaman pada kulit ini merupakan salah satu tanda dini berlebihnya kadar gula dalam darah serta tak bekerjanya sistem insulin dalam tubuh.

Pada beberapa tingkatan penghitaman ini pun terjadi di beberapa bagian kulit yang lain dan biasanya terjadi secara berangsur-angsur.

Rambut alis mengalami penipisan

Rontok dan penipisan pada alis, serta pada bulu mata biasanya menjadi salah satu pertanda dini kurangnya hormon tiroids dalam tubuh. Berkurangnya hormon satu ini memang seringnya menyebabkan kerontokan, salah satunya yang paling mudah diperhatikan adalah rontoknya bulu atau rambut pada alis. Bila sudah begitu dokter pun biasanya tak memiliki banyak pilihan namun memberikan suntik hormon tiroids.

Bila terjadi masalah pada kulit tersebut secara berturut-turut, sebaiknya periksakan diri di dokter ya!

Baca juga Perlu Tahu! 7 Bahan Berbahaya Yang Masih Sering Ada Di Produk Perawatan Kulit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk Rawat Bibir Kamu dengan DIY Lip Balm Ini

Bibir harus dirawat seperti kulit dan bagian tubuh