Komedo adalah jerawat yang naik ke permukaan kulit. Banyak orang berpikir bahwa komedo itu gelap karena itulah kotoran di pori-pori.  Padahal, komedo berwarna hitam atau abu-abu gelap karena minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori bersentuhan dengan udara yang kotor.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk membantu mengusir komedo dari wajahmu :

  • Cuci Muka Dua Kali Sehari dan Setelah Berolahraga

Mencuci wajah secara teratur dapat membantu mengatasi jerawat. Sebaiknya cuci muka bahkan di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel di wajah kamu saat tidur. Kamu juga harus mencuci sarung bantal secara teratur. Berhati-hatilah untuk tidak membersihkan wajah secara berlebihan, yang dapat membahayakan kulit dan justru membuatnya menghasilkan lebih banyak minyak.

Pastikan untuk mencuci wajah segera setelah berolahraga sesering mungkin.  Keringat bisa terperangkap dalam pori-pori bersama dengan kotoran dan minyak, itulah sebabnya kamu ingin mencuci wajah sebelum keringat mengering. Jika sulit untuk mengakses kamar mandi, kamu bisa membersihkan wajah dengan pembersih wajah dan kapas.

  • Coba Strip Pori

Tentu kamu sudah tidak asing dengan strip pori. Ya, stip pori adalah plester wajah yang bisa mengangkat komedo. Namun, strip pori tidak bisa mencegah komedo tersebut kembali, karena mereka tidak mengatur produksi minyak di kulit kamu. Untuk hasil terbaik, coba uaplah wajah kamu di atas panci berisi air panas untuk membuka pori-pori. Setelah itu baru gunakan strip pori supaya komedo mudah terangkat.

  • Gunakan Sunscreen / Sunblock yang Bebas Minyak

Gunakan  Sunscreen / Sunblock dengan memperhatikan jenis kulit yang kamu miliki – berminyak, kering, atau sensitif.

  • Eksfoliasi

Memilih produk scrub yang kasar dan keras bisa membuat jerawat semakin meradang. Carilah  exfoliant kimia yang lembut, mengandung asam hidroksi alfa  dan beta (AHA dan BHA). Mereka membantu membersihkan kulit dengan lebih baik dan bekerja lebih efektif. Ingatlah bahwa AHA dan BHA menghilangkan lapisan kulit mati, jadi jangan lupa gunakan SPF kamu jika kamu ingin pergi ke luar untuk menjaga kulit bersihmu terhindar dari bahaya sinar UV.

  • Cobalah Charcoal Mask

Charcoal  saat ini bermunculan di semua jenis skincare karena ia adalah detoksifikasi yang hebat untuk kulit.  Charcoal bekerja jauh di dalam pori-pori untuk membantu mengeluarkan kotoran. Ada banyak pilihan Charcoal Mask yang bisa kamu dapatkan di berbagai toko.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/trik-memencet-komedo-di-rumah-dengan-benar-berdasar-saran-dermatologist/

http://www.tampilcantik.com/kenapa-ya-komedo-mudah-sekali-muncul-di-hidung-cari-tahu-yuk/

http://www.tampilcantik.com/pore-strip-bisa-jadikan-komedo-tambah-banyak-benarkah-demikian/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Rambut Kamu Cepat Berminyak

Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah