Pada mulanya, jatuh cinta dan memiliki seorang pujaan hati atau gebetan, menjadi hal yang menyenangkan, membuat hati bergetar dan berbunga-bunga, seperti ada kupu-kupu menari di dalam tubuhmu.  

Tapi, perihal melupakan sang pujaan hati atau gebetan, adalah hal lain yang berbanding terbalik dengan konsep jatuh cinta.

“Naksir” berasal dari sebuah kebenaran yang cukup pilu : Kamu menyukai seseorang yang tidak menyukaimu. Tidak hanya remaja, orang dewasa pun merasakannya.

Perasaan jatuh cinta pada seseorang adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa terelakkan. Tapi tenang, kamu tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk berhenti dari perasaan itu (terlebih jika kamu sudah jelas tahu bahwa pujaan hatimu memang tidak menyukaimu).

Inilah cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk segera move on dari gebetan :

  • Lakukan Sesuatu Untuk Membuat Diri Kamu Merasa Istimewa

Oke, biasanya para wanita mengubah gaya rambut seperti memotong poni atau memotong rambut dalam situasi stres, termasuk patah hati.  Lakukan berbagi hal yang kamu suka (tentu saja hal positif ya) yang mendukung kamu untuk merasa bahwa dirimu spesial dan berharga. Kamu bisa melakukan perawatan kulit, traveling, berolahraga, dan melakukan hobi-hobi lainnya. Lakukan sesuatu untuk mengingatkan diri kamu sendiri bahwa kamu pantas mendapatkan yang terbaik.

  • Biarkan Diri Kamu Merasakan Sakit Hati

Membendung perasaan kamu, tidak akan membuat kamu terbebas dari emosi. Rasakan apa yang kamu rasakan, no suggestion, no judgement. Mencaci-maki diri sendiri karena memiliki perasaan pada gebetan tidak akan membantumu sama sekali. Berikan ruang dan waktu, berikan kesempatan pada diri sendiri untuk sepenuhnya mengalami emosi yang menyakitkan.

Psikolog klinis Suzana E. Flores, PsyD, mengatakan, memberi ruang dan waktu pada diri sendiri untuk merasakan sakit hati berarti duduk dengan menerima apa pun yang muncul di pikiran tanpa memaki diri sendiri.  Melakukan hal ini dapat membantu kamu memeriksa dengan baik emosi kamu, sehingga kamu dapat melepaskannya.

  • Curhat Pada Sahabat yang Kamu Percaya

Terkadang kamu butuh didengarkan. Maka, pergilah dan ceritalah tentang apa yang kamu rasakan pada sahabat yang kamu percaya. Seringkali, dengan berbicara tentang segala hal, kamu bisa mendapatkan kejelasan tentang situasi yang kamu alami dan mudah-mudahan dapat bergerak lebih cepat dan segera melupakan gebetan kamu.

  • Berhenti Melihat Akun Media Sosial Gebetan (Stop Stalking!)

Serius, ini penting.  Hentikan kebiasaan stalking. Melihat gebetan di sosial media, membaca dan melihat postingannya, dapat membuat kamu tidak cepat move on, karena kamu terus-menerus melihat dia di dunia maya, memberikan ilusi bahwa dia masih menjadi bagian dari hidup kamu ketika kenyataan berkata tidak. Kamu tidak harus memblokir akun mereka, cukup sembunyikan saja postingan mereka, atau kurangi waktu yang kamu habiskan untuk membuka sosial media.

  • Berhenti Mengidealkan Gebetan Kamu

Inilah inti permasalahannya : Jatuh Cinta atau naksir pada seseorang biasanya didasarkan pada fantasi, bukan fakta.  Tentu, orang yang kamu suka adalah orang yang sempurna dan ideal di matamu, tapi fakta berkata lain. Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, termasuk gebetan kamu itu. Mulailah untuk melihat secara objektif, kenali mereka sebagai sosok manusia biasa, kenali sisi manusiawinya, bukan sisi sempurna bak dewa, seperti yang selama ini kamu bayangkan.

  • Batasi Kontak dengan Gebetan Kamu

Jika memungkinkan,  batasilah komunikasi dengan gebetan kamu. Tapi, jika kamu bekerja atau berkegiatan di tempat yang sama dan hampir setiap hari bertemu dengannya, mungkin ini akan lebih sulit. Tapi, kamu perlu mencobanya. Jika kamu sudah dekat dengannya dan sering hang out, mungkin kamu bisa menghindari undangan dan ajakannya untuk pergi bersama. Coba kamu ingat lagi, mungkin dulu kamu berpikir bahwa dengan menghabiskan banyak waktu bersama dengan dia, kamu bisa lebih cepat mendekatinya dan merebut hatinya. Tapi, jika kenyataan berkata lain, jika dia tidak menyukai kamu sebagaimana kamu menyukainya, inilah saatnya kamu move on. Jaga jarak dengannya dan beri kesempatan untuk orang baru masuk ke dalam hidupmu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ini-alasan-mengapa-kamu-susah-move-on-iya-apa-iya/

http://www.tampilcantik.com/nggak-usah-nengok-masa-lalu-inilah-tanda-saat-mantan-pacar-sudah-move-on/

http://www.tampilcantik.com/selamat-ini-tanda-kamu-sudah-100-move-on-dari-mantan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Terbaik untuk Membuat First Impression yang Sempurna

Kesan pertama memiliki peranan yang sangat penting dalam