Merawat rambut bisa sangat menyiksa jika kamu tidak memperlakukannya dengan benar. Kamu perlu memahami kondisi rambut kamu dan merawatnya sesuai dengan jenis rambut kamu. Selama merawat rambut, kamu perlu memperhatikan hal-hal yang dapat merusak rambut kamu. Berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut :

  • Posisi keramas yang salah

Jika sampai sekarang kamu masih mencuci rambut sambil berdiri tegak di kamar mandi seperti iklan TV, berhenti melakukannya. Hentikan secepatnya meskipun itu adalah posisi yang nyaman.  Mengapa? Karena faktanya, cara terbaik untuk mencuci rambut dengan benar adalah dengan menundukkan kepala ke bawah.

Cara ini jauh lebih mudah untuk menjangkau kulit kepala, yang merupakan bagian utama rambut yang wajib kamu bersihkan. Selain itu, cara ini akan membantu kamu mencuci rambut dengan lebih baik, terutama bagi kamu yang memiliki rambut yang tumbuh ke atas.  

Saat kamu ingin menggunakan kondisioner atau masker rambut, posisi ini akan menjaga kepala kamu tetap di bawah, sehingga kamu dapat mencegah kondisioner atau masker rambut mengenai kulit kepala. Tentu kamu tidak ingin kulit kepalamu menjadi berminyak, bukan?

  • Keramas dengan air panas

Air panas bukan pilihan yang baik untuk merawat rambut. Air panas bisa membuat rambut kamu rusak dan kehilangan kelembaban. Untuk menghindari air yang terlalu panas, periksalah suhu air sebelum menggunakannya. Kamu bisa memeriksa suhu dengan pergelangan tangan atau siku kamu. Jika ingin rambut kamu terasa lebih halus, keramaslah dengan air dingin atau air hangat, bukan air panas.

  • Mengeringkan rambut secara berlebihan

Udara yang panas akan membantu kamu mengeringkannya rambut lebih cepat, tetapi juga akan memberikan efek samping dalam jangka panjang. Usahakan untuk selalu menggunakan produk perawatan rambut  sebelum mengeringkannya atau sebelum  menggunakan flat atau curling iron. Atur pengering rambut dengan panas sedang dan daya maksimum. Jika kamu hanya menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut, gunakanlah handuk dengan kualitas yang baik dan jangan pernah memelintir rambut kamu dengan keras saat masih bawah. Rambut basah sangat rentan terhadap kerusakan dan keretakan.

  • Kurang minum air

Semua orang tahu bahwa air sangat penting untuk kesehatan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya rambut juga membutuhkan air untuk tumbuh. Air membentuk 15% dari total massa rambut kamu, jadi pastikan untuk minum cukup, oke?

  • Makan banyak junk food

Rambut indah tidak akan kamu dapatkan jika kamu tidak mengonsumsi cukup protein, vitamin, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Zat besi mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk pembelahan sel. Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik kamu mengonsumsi makanan bergizi seperti biji-bijian, ikan salmon, spirulina, alpukat, brokoli, bayam, almond, dsb.

  • Lupa menyisir rambut

Kamu perlu menyisir rambut secara rutin.  Sisirlah rambut kamu dengan sisir dan usahakan tidak menyentuh kulit kepala. Dengan cara ini, kamu akan membiarkan kelenjar minyak tetap pada tempatnya. Mulailah menyisir ujung rambut kemudian dengan perlahan mulai bergerak ke akar rambut. Lakukan selama 10-15 menit.

Catatan penting :

Jika kamu suka mengenakan mengikat rambut, jangan mengikat terlalu tinggi dan jangan gunakan karet gelang yang terlalu ketat. Karena jika kamu mempertahankan ikat rambutmu seharian, kamu mungkin akan mengalami sakit kepala dan rambut kamu akan rusak.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/lupain-rambut-kusam-dan-rambut-rusak-dengan-diy-masker-minyak-zaitun-ini/

http://www.tampilcantik.com/bingung-memperlakukan-rambut-rusak-cobalah-hacks-menakjubkan-ini/

http://www.tampilcantik.com/inilah-cara-memperbaiki-rambut-rusak-karena-matahari-yuk-coba-sekarang-juga/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat di Dada

Ingin tahu apa sebenarnya apa itu jerawat dada?