Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar. Merawat wajah kamu sangat penting, tetapi terkadang kamu berlebihan dan seakan terobsesi dengan skincare. Padahal, terlalu banyak perawatan dan beberapa kebiasaan skincare sehari-hari justru bisa merusak pori-pori.

Inilah beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari karena dapat memicu kerusakan pori-pori :

  • Sering menggunakan kertas penyerap minyak

Kertas penyerap minyak dapat menjadi penyelamat ketika kulit kepanasan, berminyak dan berkeringat. Tapi, menggunakannya berulang kali akan lebih merusak kulit kamu. Pada kenyataannya, kulit memerlukan lapisan minyak tipis. Dengan menyerap minyak secara terus-menerus, kamu justru akan membuat kulit kamu menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar

  • Memencet komedo, whiteheads, atau jerawat secara paksa

Tentu memencet komedo, jerawat dan whiteheads itu sangat menyenangkan , tetapi kamu harus melakukannya dengan aman. Ada bakteri di kulit kamu dan jerawat yang muncul di kulit memperlihatkan luka pada bakteri ini. Jika kamu memaksa untuk memencet jerawat yang belum siap diekstraksi, kamu justru akan membuat bakteri masuk ke lapisan dalam kulit kamu. Ini dapat membuat situasi  lebih buruk karena iritasi akan menyebar, membuat pori-pori dan bekas luka membesar.

  • Terlalu banyak mengelupas sel kulit mati

Eksfoliasi membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori kamu. Eksfoliasi tentu sangat menyegarkan dan dapat membuat pori-pori kamu tampak lebih kecil. Tapi sebenarnya, kamu hanya perlu melakukannya 1-2 kali per minggu. Pengelupasan yang berlebihan justru akan menyebabkan kulit kering dan membuka pori-pori, yang jika tanpa lapisan minyak alami, akan menyerap debu. Inilah yang akan membuat pori-pori kamu lebih besar.

  • Membiarkan kulit kering

Kulit kering menyebabkan keriput dan membuat kamu terlihat lebih tua. Selain itu, kulit kering menyebabkan pori-pori menjadi rata dan terlihat lebih besar. Jadi, kulit kering tidak hanya berbahaya bagi pori-pori kamu, tetapi juga membuat kamu terlihat lebih tua! Pilihlah tonik dan pelembab yang baik untuk jenis kulit kamu dan oleskan pada wajah kamu setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembap.

  • Terlalu sering “touch up” make up

Pada siang hari, riasan wajah kamu secara alami akan memudar atau bahkan sudah mulai hilang. Tidak ada salahnya melakukan retouching sedikit, tetapi kamu tidak harus melakukannya terlalu sering. Kulit kamu menghasilkan minyak dan jika kamu terus-menerus touch up make up, kamu justru akan menciptakan  lapisan di kulit berupa minyak, kotoran, dan make up. Hal ini akan membuat kulit kamu mudah berjerawat.

  • Konsumsi makanan tidak sehat

Produk susu, alkohol, makanan yang tinggi gula, dan gorengan sangat berbahaya bagi kulit kamu. Mereka dapat memicu peradangan di tubuh kamu dan menyebabkan kulit rawan jerawat. Jerawat melemahkan kelenjar sebaceous dan membuat folikel rambut membuka sehingga membuat pori-pori kamu lebih besar. Jadi, untuk menjaga kesehatan kulit, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat, perbanyak air mineral, sayur dan buah-buahan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tanpa-disadari-kegiatan-sehari-hari-bisa-bikin-pori-pori-wajah-membesar-yuk-cegah-dengan-cara-aman-ini/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-yang-menyebabkan-pori-pori-kamu-terlihat-membesar/

http://www.tampilcantik.com/faktor-penyebab-masalah-pori-pori-kulit-yang-besar/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Rambut Kamu Cepat Berminyak

Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah