Selain perubahan pola makan dan berolahraga, ternyata ada kiat psikologis yang akan membantumu menyukseskan program diet, loh. Kamu bisa menemukan beberapa prinsip dasar pencapaian tujuan yang dapat membantu kamu mengurangi berat badan. Bagi kamu yang sudah mencoba berbagai macam diet, namun selalu gagal, kamu bisa menerapkan 6 kiat psikologis ini.

6 Kiat Psikologis ini disebut tujuan SMART — di mana “SMART” adalah singkatan dari Specific, Measurable,  Attainable, Relevant dan Time-bound. Konsep ini telah ada sejak 1981 ketika dikembangkan dalam konteks administrasi bisnis oleh George T. Doran. Simak penjelasannya berikut ini :

  1. Specific

Tetapkan tujuan penurunan berat badan yang spesifik. Jangan hanya mengatakan kamu “ingin mencoba menurunkan berat badan” secara umum. Tetapkan berapa jumlah berat badan yang ingin kamu hilangkan atau, mungkin, beberapa hari kamu ingin menjalani diet. Jika kamu tidak menetapkan tujuan tertentu, akan lebih sulit untuk menemukan motivasi untuk mencapainya.

  • Measurable

Pastikan untuk memilih sesuatu yang dapat diukur dengan jelas. Memutuskan untuk menghilangkan beberapa kilo berat badan dan menimbang diri sendiri setiap hari akan memberi kamu informasi dan motivasi setiap harinya. Dengan melacak berat badan kamu, kamu akan tahu apakah diet berjalan dengan baik atau tidak.

  • Attainable

“A” dalam SMART mengacu pada pemilihan sasaran yang dapat dicapai. Tetapkanlah tujuan yang kecil terlebih dahulu. Misalnya kamu ingin mengurangi 20 kg, maka perlahan, tetapkan target mengurangi berat badan 5 kg dahulu. Ahli diet Elizabeth Bedell Marino mengatakan bahwa dengan menetapkan tujuan yang lebih kecil, kamu masih mengambil langkah nyata menuju tujuan besar dengan jangka panjang.

  • Relevant

Untuk melakukan ini, kamu harus memastikan rencana kamu akan secara efektif mengarah ke tujuan kamu. Kamu harus mendidik diri sendiri tentang penurunan berat badan, mungkin dengan bantuan ahli diet atau ahli gizi. Jangan terlalu tergoda oleh tren diet instan; cobalah untuk melakukan perubahan diet yang sehat, mudah dan konsisten. Dengan informasi ini, buat strategi penurunan berat badan yang sehat.

  • Time-bound

“T” dalam SMART adalah Time-bound, singkatan dari waktu-terikat. Tidak ada yang bisa berhasil pada tugas yang sulit tanpa menetapkan tenggat waktu. Hal  ini penting untuk memfokuskan upaya seseorang dalam rentang waktu yang tepat. Gunanya, untuk mencapai tujuan dan untuk memberikan waktu yang cukup kepada diri sendiri untuk mencapainya. Jangan mencoba target terlalu banyak dan terlalu cepat. Pastikan untuk tetap memberi tantangan pada diri sendiri namun juga tetap pahami kemampuan diri dan jaga kesehatan.

Elemen terakhir dari penetapan tujuan SMART yang efektif sebenarnya tidak tercermin dalam akronim SMART. Dalam mencapai sebuah tujuan, seseorang membutuhkan pertanggungjawaban pribadi yang artinya bertanggung jawab kepada diri sendiri untuk menepati janji. Saat kamu menetapkan tujuan SMART, catat di suatu tempat yang terlihat, untuk memastikan kamu memegang tanggung jawab kamu pada diri sendiri. Kamu harus konsisten. Ingat untuk cepat menemukan motivasi diri sendiri ketika kamu mulai kehilangan semangat. Selamat mencoba!

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ingin-ngemil-tapi-sedang-diet-tenang-snack-ini-solusinya/

http://www.tampilcantik.com/aplikasi-terbaik-yang-wajib-kamu-miliki-untuk-mencapai-target-diet/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-minuman-dan-cara-minum-yang-tepat-ketika-diet/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Nyeri Haid yang Parah

Apakah kamu sering mengalami nyeri haid saat menstruasi?