Zumba adalah sarana diet  yang efektif. Zumba (dan kegiatan menari lainnya) adalah sesuatu yang menyenangkan. Kamu memang berolahraga dengan menggerakkan tubuh dan membakar kalori, tetapi rasanya seperti kamu pergi ke sebuah klub untuk bersenang-senang. Berolahraga, membakar kalori dengan menari dan mendengarkan musik yang menyenangkan akan membuat kegiatan olahraga kamu menjadi efektif.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan Zumba kamu memerlukan rencana diet.  Berikut adalah cara menurunkan berat badan dengan Zumba :

  • Mendaftar Kelas Zumba atau Membeli DVD Zumba
fitness class exercising in the studio at the gym

Temukan sanggar senam atau tempat gym yang menyediakan kelas Zumba dan mendaftarlah untuk itu. Kamu bisa mencari kelas Zumba yang dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerjamu. Jika kamu merasa lebih nyaman berolahraga di rumah, kamu bisa membeli DVD Zumba atau mengunduh video-video Zumba dan menirukannya.

  • Tetapkan Tujuan

Apa yang ingin kamu capai dengan latihan Zumba?  Apa alasan utama mengapa kamu siap berkomitmen untuk program latihan Zumba? Tentukanlah tujuan yang jelas untuk membuat kamu tetap fokus menjalani latihan Zumba. Kamu bisa menulis dan menempelkannya.

  • Rekam / Catat Kondisi Tubuh Pra Zumba

Catat berat badan kamu, dan lakukan pengukuran bagian lingkar dada, lingkar perut, lengan, paha dsb. Jangan lupa untuk ambil satu atau dua foto.  Kamu bisa mengambil foto full body dan menyimpannya, sehingga nanti kamu bisa melihat kemajuan kamu melalui catatan berat badan, lingkar bagian badan serta foto lama yang kamu abadikan sebelum kamu melakukan Zumba.

  • Tandai Tanggal Latihan Zumba di Kalender

Kamu bisa mencetak tanggal latihan Zumba dan menempelkannya di kulkas atau di kamar tidur. Pastikan kamu bisa melihatnya setiap hari. Hal ini bisa memicu semangat kamu untuk terus berlatih Zumba. Setelah berlatih, kamu bisa menandai kalender kamu dengan mencoretnya. Dari kalender ini, kamu bisa melihat progres yang sudah kamu lakukan.

  • Berkomitmen pada Clean Eating

Zumba akan membantu proses pembakaran kalori dan mengencangkan otot-otot kamu supaya tubuh kamu kencang. Tetapi Zumba hanya satu bagian dari proses penurunan berat badan.  Apa yang kamu makan adalah faktor besar dalam menentukan kesuksesan penurunan berat badan yang kamu jalani.

Hendaknya kamu menerapkan clean eating untuk mendukung program diet dengan Zumba. Kamu harus mengontrol makanan yang kamu makan. Kurangi karbohidrat, perbanyak sayuran dan buah. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, pengawet atau penyedap rasa. Tentu kamu perlu menghindari gorengan dan camilan-camilan lezat yang kaya MSG. Mungkin kamu juga bisa mencoba menjadi Vegan/Vegetarian untuk membantu pola makan barumu.

  • Jalankan Rencana Diet dengan Konsisten

Kamu harus membuat diri kamu termotivasi setiap hari, supaya kamu rajin menjalankan rencana diet dengan konsisten. Mungkin kamu bisa mencetak gambar baju-baju lucu yang ingin kamu pakai atau kamu bisa mencetak berat badan impian kamu. Tempelkan cetakan itu di tempat-tempat yang mudah dilihat.

  • Lakukan Evaluasi

Setelah menjalani program diet dengan Zumba, kamu harus melakukan evaluasi dan melihat perubahan yang terjadi pada tubuhmu. Tanyakan kepada diri sendiri, Apakah kesehatanmu membaik? Apakah kamu sudah kehilangan berat badan?  Apakah kamu ingin menambah atau mengurangi jumlah latihan Zumba per minggu?

Evaluasi akan membantu kamu melihat dan mengontrol perubahan yang terjadi pada tubuhmu setelah berolahraga Zumba. Tentu saja, evaluasi juga dapat membuat kamu semakin semangat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mengenal-perbedaan-olahraga-aerobik-zumba-dan-body-language/

http://www.tampilcantik.com/ini-dia-berbagai-manfaat-senam-zumba-untuk-kesehatan/

http://www.tampilcantik.com/sudah-rutin-olahraga-tapi-berat-badan-gak-turun-juga-mungkin-ini-kesalahan-yang-kamu-lakukan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Penggunaan Smartphone yang (mungkin) Setiap Hari Kamu Lakukan

Kamu mungkin menjaga smartphone-mu agar tetap dekat supaya