Setelah melalui tahun yang sibuk selama 2019, tibalah saatnya kamu menikmati libur tahun baru. Banyak orang menghabiskan libur tahun baru dengan pergi ke tempat wisata bersama keluarga, atau mengunjungi rumah saudara. Salah satu hal yang kerap dilakukan untuk menyambut tahun baru adalah membuat resolusi tahun baru. Resolusi bisa berupa berbagai hal yang ingin kamu lakukan di tahun 2020, atau hal yang ingin kamu hentikan, atau hal lainnya.

Di penghujung tahun ini, ada baiknya kamu tidak melupakan satu hal penting yaitu perawatan diri. Inilah saatnya kamu memanjakan dirimu yang sudah lama sibuk dengan pekerjaan dan berbagai kegiatan. Perawatan bukan hanya sekedar perawatan diri secara fisik saja, tapi juga secara mental.  Tips berikut ini dapat kamu lakukan untuk merawat diri secara mental :

  1. Renungkan Perjalanan di Tahun 2019

Langkah pertama adalah memahami masa lalu Anda. Renungkan tahun terakhir ini untuk mempertimbangkan apa saja yang sudah kamu lakukan, apa yang kamu capai, apa yang membuatmu stres, apa yang membuatmu senang, dsb. Mengevaluasi gaya hidup dan mempertimbangkan langkah-langkah apa yang perlu diambil adalah cara terbaik untuk melanjutkan kehidupan.

  • Rayakan Progres di Tahun 2019

Akui dan sadarilah berbagai pencapaianmu di tahun 2019. Kamu mungkin tidak menyadari perkembangan dan pencapaian kecil yang kamu lakukan. Maka, mulai carilah apa yang sudah kamu dapatkan, mulai dari hal terkecil sampai yang terbesar. Kamu harus mengapresiasi dirimu sendiri. Merayakan progres yang kamu jalani dan merayakan bahwa kamu mampu bertahan hingga akhir tahun.

  • Atur Ulang Kamar Kamu

Tahun baru adalah sat yang tepat untuk mengatur ulang tata letak kamar dan rumahmu. Kamu bisa mulai dengan membuang barang-barang yang sudah tidak lagi kamu butuhkan, membersihkan seluruh kamar dan rumah kemudian menata ulang tata letak tempat tidur, lemari dan meja. Tampilan yang fresh akan membuat tahun barumu semakin fresh.

  • Prioritaskan Waktu Tidur

Jika kamu merasa kurang tidur selama tahun 2019, masa liburan ini adalah saat yang tepat untuk memanjakan dirimu dengan tidur sepuasnya untuk membayar hari-hari lemburmu yang melelahkan selama ini. Kamu bisa mulai untuk menjadikan waktu istirahatmu sebagai prioritas. Tidur adalah selfcare yang sesungguhnya. Maka, kamu harus mendapatkan waktu tidur yang cukup.

  • Rencanakan Selfcare di Tahun Depan

Jadikan perawatan diri sendiri sebagai kebiasaan. Bukan hanya perawatan diri secara fisik tapi juga mental. Apakah kamu senang berenang, aerobik, bermain basket dan lain-lain? Maka kamu bisa melakukannya. Kamu bisa merencanakan waktu me time di masa mendatang. Berikan waktu pada dirimu sendiri untuk bersenang-senang. Entah itu untuk berolahraga, memasak makanan enak, bermeditasi, atau mungkin merenungkan hari-hari kamu dan menuliskan berbagai hal yang kamu apresiasi dari dirimu sendiri.

  • Jadikan Dirimu Sebagai Tokoh Utama

Kamu adalah seorang tokoh utama di dalam hidupmu, jadi hiduplah sebagai tokoh utama. Prioritaskan diri kamu di atas segalanya. Ya, mungkin kamu bisa membantu teman dan membantu orang lain, tetapi dirimulah yang utama. Jika kamu lelah maka akuilah bahwa kamu lelah, jika kamu tidak menginginkan sesuatu, katakanlah kamu tidak menginginkannya. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/trik-selfcare-yang-wajib-kamu-ketahui/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rencana Valentine Bersama Pasangan Tercinta

Masih bulan Januari, kenapa membahas Valentine? Jangan salah,