Depresi telah menjadi penyakit yang sangat umum di abad ini. Studi menunjukkan bahwa sebenarnya depresi adalah kondisi medis yang dapat diobati seperti halnya penyakit lainnya. Namun, langkah pertama untuk menghilangkan depresi adalah dengan memahami bahwa kamu mengalami gejala depresi. Kamu harus bisa mengidentifikasi dengan benar. Nah, berikut adalah daftar tanda-tanda paling umum yang menunjukkan bahwa kamu mengalami depresi dan harus berkonsultasi dengan dokter :

  • Kamu merasa lelah
Unhappy girl in a bedroom

Lelah sebagai gejala depresi terjadi jika kamu mengalami kekurangan energi yang berlangsung selama berhari-hari dan terjadi berturut-turut, meskipun rutinitas kamu tidak banyak berubah. Kamu bahkan merasa lelah segera setelah bangun tidur.

  • Kamu merasa tidak berharga dan tidak layak untuk hidup

Kamu mulai merasa bahwa hidup kamu tidak berguna. Pada beberapa kasus, perasaan ini bisa mengarah pada pikiran untuk bunuh diri. Kamu mungkin tidak takut mati karena kamu percaya bahwa hidupmu sudah tidak ada gunanya lagi.

  • Kamu memiliki masalah konsentrasi dan/atau memori

Kamu mulai melupakan hal-hal penting dan kesulitan mengingat nama atau nomor telepon. Kamu akan kesulitan berkonsentrasi saat mendengarkan seseorang berbicara atau saat sedang membaca buku.

  • Kamu mengalami masalah tidur

Ini bisa berupa insomnia atau waktu tidur yang terlalu lama. Bahkan setelah menghabiskan malam yang panjang di tempat tidur, kamu masih ingin lebih banyak tidur. Kamu tidak memiliki energi dan merasa seperti kamu bisa menghabiskan waktu seharian penuh di tempat tidur.

  • Berat badan kamu berubah

Kamu tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan atau mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Kamu juga bisa mengalami peningkatan nafsu makan dan terus-menerus merasa lapar, bahkan ketika kamu sudah banyak makan. Atau kemungkinan lainnya adalah kamu tidak merasa lapar sama sekali dan tidak ada nafsu makan.

  • Tidak ada yang membuat kamu senang

Kondisi ini membuat kamu sulit merasa senang. Bahkan hal-hal, kegiatan, dan orang-orang yang dulu kamu sukai, kini sudah tidak membawa sukacita dalam hidup kamu. Kamu selalu merasa bosan, lelah dan tidak memiliki keinginan untuk melakukan hobi, atau bertemu teman-teman.

  • Suasana hati kamu sedang turun

Kamu terus-menerus merasa sedih, cemas atau jengkel tanpa alasan yang jelas. Hal ini bisa berlangsung berhari-hari bahkan berminggu-minggu atau bisa jadi lebih lama lagi.

  • Kesehatan kamu memburuk

Kamu secara tiba-tiba mulai mengalami sakit atau nyeri. Sakit yang paling umum adalah di bagian sendi atau punggung. Kamu mungkin juga mengalami masalah pencernaan. Tak satu pun dari penyakit-penyakit yang kamu alami tersebut memiliki alasan yang mudah dijelaskan.

Itulah beberapa gejala yang dapat mengindikasikan bahwa kamu sedang mengalami depresi. Tapi ingat, untuk dikatakan sebagai penyakit depresi, semua tanda-tanda di atas harus berkelanjutan. Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas selama kurun waktu yang lama dan gejala tersebut terus menerus terjadi hingga mengganggu dan mengubah kehidupan sehari-hari, berarti dapat dipastikan kamu mengalami depresi.

Jika kamu, keluarga atau teman kamu menunjukkan tanda-tanda depresi, ada baiknya berbicara dengan dokter yang dapat memeriksa kondisi pikiran dan dapat menetapkan perawatan yang tepat untuk menanggulanginya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/cara-menemukan-perawatan-yang-tepat-untuk-depresi/

http://www.tampilcantik.com/4-mitos-umum-tentang-kecemasan-dan-depresi/

http://www.tampilcantik.com/memerangi-depresi-dengan-mendekatkan-diri-pada-alam/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Sering Mimpi Buruk di Tengah Pandemi COVID-19

Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di