Sama halnya dengan wajah dan rambut, kuku juga membutuhkan perhatian kuku. Jangan sampai wajah sudah cantik dan rambut sudah cetar, tapi kuku terlihat kusam dan tidak sehat. Meskipun tidak banyak diperhatikan, tapi kuku juga menunjang kecantikan seseorang. Ada banyak cara untuk mempercantik kuku, salah satunya dengan mengaplikasikan cat kuku atau nail polish.

Sebagian besar orang memilih pergi ke salon untuk manicure atau sekedar mengaplikasikan cat kuku. Menggunakan cat kuku memang lebih mudah bila ada seseorang yang mengaplikasikannya untuk kita. Namun ada saat-saat dimana kamu tidak sempat pergi ke salon namun harus tetap tampil cantik. Meskipun mengaplikasikan cat kuku sendiri bukan hal yang mudah, namun kamu bisa mencoba beberapa tips mudah berikut ini.

Bersihkan kuku

Sebelum mulai menggunakan cat kuku, sebaiknya bersihkan kuku terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dengan membersihkan sisa-sisa cat kuku, kemudian mulai potong kuku dan kutikel sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jangan lupa membersihkan bagian dalam kuku dari kotoran yang menempel. Untuk hasil yang lebih baik, jangan memotong kuku terlalu pendek agar nanti lebih mudah mengaplikasikan cat kuku dan nail art. Kamu bisa menggunakan alat manicure yang tersedia di toko kosmetik untuk hasil yang lebih baik.

Aplikasikan serum kuku

Setelah kuku sudah bersih, kamu bisa mulai dengan mengaplikasikan nail serum atau basecoat. Dua produk ini berfungsi untuk melindungi kuku. Basecoat bermanfaat untuk membuat cat kuku bertahan lebih lama tanpa terkelupas. Selain itu, serum kuku membantu mengembalikan kesehatan kuku dan juga memberikan fungsi yang sama dengan basecoat.

Aplikasikan cat kuku

Bila basecoat atau serum kuku sudah kering, kamu bisa mulai mengaplikasikan cat kuku sesuai warna yang diinginkan. Pemilihan warna cat kuku bisa disesuaikan dengan nail art atau acara yang akan dihadiri. Warna cat kuku seharusnya bisa membuat nail art terlihat menonjol. Cara mengoleskan cat kuku bisa dimulai dari bagian tengah kemudian geser kuas ke arah samping kiri dan kanan. Bila ingin mengulangi langkah ini, kamu bisa menunggu cat kuku hingga setengah kering kemudian oleskan lagi. Pastikan cat kuku sudah benar-benar kering sebelum kamu mulai menghias kuku atau beralih ke tangan yang satunya.

Hias kuku

Langkah yang selanjutnya adalah mulai menghias kuku. Ada bisa menghias kuku dengan menggunakan stiker, selotip kuku, stencil atau stempel kuku, dan sebagainya. Proses ini memang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Bila kamu melakukan kesalahan, kamu harus menghapus seluruh cat kuku dan mulai proses dari awal lagi. Kamu bisa mulai dengan desain nail art yang paling mudah atau menggunakan stiker.

Jangan lupa top coat

Setelah semua proses selesai, proses terakhir adalah mengaplikasikan top coat. Top coat ini berfungsi untuk melindungi kuku agar bertahan lama dan tidak mudah terkelupas. Gunakan top coat setelah cat kuku sudah benar-benar kering.

Menggunakan cat kuku sendiri di rumah bukanlah hal yang susah. Kamu hanya harus lebih teliti dan sabar. Proses yang dibutuhkan juga tidak sedikit, sehingga kamu mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menggunakan cat kuku.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/warna-cat-kuku-berikut-ini-yang-cocok-bagi-kamu-pemilik-kulit-sawo-matang/

http://www.tampilcantik.com/solusi-hapus-cat-kuku-akrilik-di-rumah-dengan-mudah/

http://www.tampilcantik.com/kesulitan-menghapus-cat-kuku-gel-kamu-hanya-perlu-melakukan-ini-dirumah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kesalahan Skincare yang Membuat Pori-pori Kamu Terlihat Lebih Besar

Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri