Facebook adalah sebuah sosial media yang sangat hebat yang bisa menghubungkan kita dengan orang-orang di sekitar kita. Walaupun mungkin di Indonesia kini banyak anak muda yang sudah nggak main Facebook lagi, tapi ini adalah raksasa sosial media di dunia. Dengan satu milyar lebih akun yang terdaftar di seluruh dunia, hampir semua orang yang kenal internet punya Facebook. Tapi, apakah efek Facebook sebenarnya berbahaya dan tidak kamu sadari? Apakah situs yang dimiliki Mark Zuckerberg ini sebenarnya selama ini membuat masalah dalam hidupmu?

Berikut adalah efek Facebook yang diam-diam mempengaruhi hidupmu.

Hubunganmu selalu dalam resiko

Studi dari Univeristy of Missouri menemukan bahwa semakin sering seseorang menggunakan Facebook, maka semakin sering pula mereka bertengkar dengan pasangan. Konflik ini bisa dikarenakan karena banyak orang yang mengguanakan Facebook untuk menemukan pasangan cadangan seandainya hubungan mereka yang sekarang tidak berhasil. Ini juga sesuai berdasarkan riset, bukan hanya kasus-kasus anekdotal belaka. Bahkan, penelitian juga mengungkap bahwa pengguna Facebook yang memakainya terus menerus juga terkait dengan kemungkinan berselingkuh, terlalu cemburu, dan bahkan perceraian. Efek Facebook ini nampak terlalu hiperbolik? Sebaiknya berhati-hati saja

Kamu bisa dipecat

Apakah profile picture di Facebook yang kamu pasar benar? Menurut Careerbuilder, hampir 70 persen manajer HRD yang memindai lamaran dari kandidat akan menggunakan Facebook untuk menentukan kelayakan calon karyawan. Karena itu, kamu harus berhati-hati.  Bahkan, di Facebook, atasanmu bisa menggunaknan apa yang kamu katakan di Facebook sebagai bahan untuk menilai, mengevaluasi, dan bahkan memecat kamu, sengaja atau tidak. Sudah banyak kasus yang seperti ini.

Kamu bisa jadi korban witch hunt media sosial

Salah satu efek Facebook, juga efek sosmed lain, adalah kamu beresiko menjadi bahan bully dan olok-olokan di Facebook. Jika kamu punya pandangan sosial atau politik yang tidak sama dengan kebanyakan orang, maka kamu beresiko mendapatkan ancaman di Facebook. Apakah kamu mengklaim sebagai seorang feminis yang berpikir bahwa perempuan dan laik-laki harus setara? Hati-hati mengungkapkannya di Facebook karena bukan hanya kamu bisa kehilangan teman, tetapi kamu bisa mendapatkan gangguan, ancaman, atau perusakan reputasi.

Jika kamu pernah mengatakan hal yang konyol, skrinsyutnya bisa akan bertahan di internet selamanya. Begitu pula dengan jika kamu punya foto agak aneh yang kamu pasang dengan privasi pun, orang-orang bisa menjebakmu dan menyebarkannya. Sudah tau kan banyak yang diviralin bahkan karena hal remeh pun?

Kesehatan mentalmu bisa terpengaruh

Efek Facebook bisa buruk bagi kesehatan mentalmu dengan banyak cara. Salah satu cara yang umum adalah dengan membuatmu kehilangan self esteem. Bahkan, banyak yang mengunggah hal-hal palsu dan hal narsis sehingga banyak yang melabeli sosmed ini sbagai fakebook. Halhal yang kamu lihat seperti foto liburan, pernikahan, dan bayi-bayi lucu bisa membuat hidupmu yag tidak seperti itu menjadi tidak berharga. Begitu pula dengan jumlah like dan share yang kamu terima. Kamu butuh validasi dengan cara itu. Akhirnya, kamu menjadi lebih peduli pada foto liburan daripada liburan. Kamu menyembunyikan kehidupan aslimu di balik foto-foto pacaran dan rumah tangga yang manis. Dan ini, hanya demi validasi dunia maya.

Baca juga Bukan Cuma Tubuh yang Perlu Detoks, Kehidupan Sosialmu Juga! Ini Cara Detoks Medsos Ampuh Agar Kamu Siap Menghadapi Kemajuan Informasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Lilin Aroma Terbaik yang Akan Mengharumkan Setiap Sudut Rumahmu

Ketika kamu menyelenggarakan sebuah pertemuan atau pesta di