Alkali sebenarnya merupakan kondisi pH tubuh manusia yang ideal untuk menjaga kesehatan. Dalam kondisi normal, tubuh manusia memiliki pH sekitar 7.365 yang berarti lebih condong pada keadaan basa dari pada asam. Sayangnya, makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari seperti makanan ringan dan makanan yang sudah diproses terlebih dahulu (diawetkan, dikalengkang, dikemas, dimasak berulang-ulang) memiliki pH yang cenderung asam. Jika pH tubuh terlalu asam karena pengaruh makanan tersebut, maka biasanya ia mencari keseimbangan dengan mengambil alkali dari tulang. Akibatnya tubuh lebih beresiko terkena penyakit seperti kangker dan artitis dan juga mengalami kerusakan sel. Oleh karena itu, sangatlah penting meningkatkan kesadaran diet alkali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara di bawah ini:

1. Rajin mengkonsumsi makanan mengandung alkali

Makanan adalah agen penting dalam meningkatkan kadar basa dalam tubuh. Buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi segar mengandung kadar alkali yang sangat besar. Konsumsi buah citrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, dll), bawang putih, alpukat, jahe, kunyit, dan cuka apel setiap hari untuk meningkatkan kadar basa tubuhmu. Sedangkan sayuran yang dapat membantu adalah brokoli, bayam, barley, alfalfa dan cholera. Selain mendapat manfaat dalam menyeimbangkan pH, makanan tersebut juga mengandung vitamin dan mineral penting serta kaya akan antioksidan.

2. Mengurangi makanan yang sudah diproses

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, makanan yang melalui banyak proses akan kehilangan nutrisi pentingnya dan berubah menjadi asam. Kamu tidak akan bisa mendapat manfaat alkali dari jus buah dan sayuran dalam kemasan. Begitu juga dengan makanan kalengan dan cepat saji, sebaiknya konsumsi makanan-makanan tersebut sekali dalam seminggu saja. Ganti kebiasaan meminum kopi kemasan dengan kopi bubuk asli atau lebih baik pilih teh hijau saja sebagai sumber kafein jika kamu terbiasa mendapatkan asupan kafein setiap harinya.

3. Menjalankan pola hidup sehat

Kunci dari melawan kangker bukanlah multivitamin mahal atau vaksin yang lengkap. Kangker disebabkan oleh sel tubuh yang bermutasi dan akhirnya merusak sel tubuh yang sehat. Penelitian menyebutkan hal ini bisa dipicu oleh kondisi tubuh yang terlalu asam. Kamu bisa mencegahnya dengan berkomitmen untuk menjalani hidup sehat. Sempatkan olahraga setiap harinya, bahkan jika itu cuma 10-15 menit saja. Bangun pagi untuk menghirup udara segar dan jangan tidur terlalu larut. Hindari stress dan hidup yang terlalu padat hingga kamu tidak sempat menikmatinya. Ingat, semua perjuanganmu tidak akan ada artinya jika kamu beralhir kalah oleh penyakit atau depresi.

4. Mencukupi kebutuhan serat

Serat juga sangat penting untuk menjaga pH alami tubuh. Kamu bisa mencukupinya dengan meminum suplemen atau memperbanyak konsumsi sayuran dan buah segar. Harap hati-hati dalam mengkonsumsi buah dan sayuran sebaiknya hindari yang memiliki kadar gula atau karbohidrat tinggi. Terlalu banyak asupan gula dan karbohidrat (bahkan yang alami) juga bisa berakibat buruk bagi tubuh. Disarankan berkonsultasi dengan ahli gizi agar tidak menjalani pola diet yang salah.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Sering Mimpi Buruk di Tengah Pandemi COVID-19

Banyak sekali hal luar biasa yang terjadi di