Jika kamu tengah dalam program diet, maka kamu harus waspada saat makan malam atau makan siang di luar. Adalah pengetahuan umum bahwa kebanyakan makanan restoran tidak kaya nutrisi penting seperti serat dan justru penuh dengan garam, gula, dan karbohidrat terproses. Karena itu, agar tidak menggagalkan program diet, patuhi aturan restoran saat berdiet ini.

Makan Sebanyak Saat Normal

Tergoda untuk mengurangi kalori pada siang hari sehingga pada waktu makan malam di restoran favoritmu bida bebas? Sekilas nampak seperti langkah pintar, tetapi justru ini bisa menimbulkan dampak negatif. Ketika kita berangkat kelaparan, makanan yang biasanya tidak akan nampak menggoda kini akan menjadi begitu menarik. Karena itu, kamu malah akan memesan jauh lebih banyak dari yang seharusnya.

Sebaiknya, kamu justru di hari itu makan seperti biasa. Sehingga, nanti di restoran kamu akan makan dalam jumlah cukupan. Dengan cara ini, kamu tak akan kelaparan seharian dan kekenyangan sehabis pulang dari restoran.

Pilih Menu dengan Baik

Deskripsi menu bukan hanya menunjukkan bahan makanan tetapi juga bagaimana cara mengolahnya dan apakah masakan tersebut sehat atau tidak. Misalnya, brokoli adalah sayuran sehat, tapi brokoli goreng? Apalagi jika ternyata deep-fried. Karena itu, main amanlah dengan mencari kata yang mensinyalkan masakan yang diolah dengan ringan, seperti dipanggang, diuapkan, dibakar, atau disup. Jangan memesan menu-menu dengan kata-kata crusted, fried, atau stuffed. Selain itu, jika bisa hindari juga kata-kata seperti creamy, buttery, cheesy, atau premium.

Beli Makanan Seimbang

Makan di rumah atau restoran, makanan kamu harus terdiri dari campuran sayuran yang tidak berkarbohidrat, seperti brokoli, bayam, atau zucchini, karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, pasta gandum utuh, ubi, serta protei sehat seperti ayam, ikan, atau buncis-buncisan. Kombinasi dari nutrisi ini bisa memberikan kamu manfat pencernaan yang lambat dan teratur. Sehingga, kamu akan merasa penuh lebih lama daripada jika kamu hanya menghabiskan sepiring besar pasta putih dengan marinara, misalnya, atau makanan-makanan tidak sehat lain yang bisa kamu dapatkan di restoran chain.

Jangan Takut Minta Modifikasi

Apakah kamu melihat ada sesuatu di menu yang tampaknya leat dan sebenarnya sih bisa sehat asalkan diubah sedikit di sana-sini? Coba tanyakan sang waiter atau waitress apakah bisa diubah. Misalnya, jika kamu ternyata bisa minta agar tidak usah memakai melte cheese atau mayonnaise. Atau, jika daging merahnya yang berlemak bisa diganti dengan jamur atau daging ayam. Bisa juga dengan menanyakan alternatif nasi merah dari menu nasi putih. Apapun sajiannya, sebenarnya ada banyak cara agar makananmu menjadi lebih sehat dengan beberapa modifikasi kecil, asalkan restoran bisa mengakomodasi permintaan ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Uji Trik Penurunan Berat Badan

Jika kamu mencari tips dan trik untuk diet,