Ketika kamu memiliki masalah dengan berat badan, maka diet serta olahraga pastinya menjadi opsi yang utama demi dapatkan tubuh ideal. Selain olahraga di gym, kamu pun bisa berolahraga lainnya yang mampu membakar kalori. Bosan dengan olahraga yang biasa? Coba deh lakukan muay thai.

Apa itu muay thai?

Mungkin kamu sudah sering mendengar adanya seni bela diri yang satu ini. Muay thai sendiri merupakan seni bela diri dari Thailand dimana sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Peminat di Indonesia dan bahkan dunia pun juga sangat tinggi. Karena populernya, seni bela diri yang satu ini bahkan jadi pilihan untuk olahraga di program diet demi menjaga bentuk tubuh dan kebugaran.

Di awal mulanya, muay thai sendiri sudah ada semenjak 1000 tahun silam yang identik dengan kekerasan. Namun kini teknik dari muay thai telah disesuaikan dari segi keamanan dan juga kebutuhannya. Bahkan, muay thai pun kini amat dekat dengan adanya body shaping yang kian menarik untuk orang yang mau menjalankan diet.

Teknik muay thai

Sebetulnya teknik muay thai ini hampir sama dengan seni bela diri lainnya mulai dari pukulan, tendangan dan lainnya. Namun, tetap saja muay thai ada ciri khasnya. Untuk pembentukan tubuh, gerakan putaran tubuh misalnya sikutan dan juga tendangan banyak dilakukan sehingga bisa lebih maksimal dalam membakar lemak dan juga mengencangkan tubuh.

Dengan adanya manfaat tersebut, maka jangan heran jika kini banyak sekali wanita yang ikut untuk latihan muay thai ini. Jika rutin berlatih, maka berat badan pun akan ikut turun sehingga cocok jika kamu sedang dalam masa diet. Kini tempat latihan muay thai sendiri sudah sangat mudah untuk ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Jadi, kamu bisa mengikuti kelasnya sesuai kebutuhan.

Latihan dasar muay thai

Ada beberapa latihan dasar ketika kamu akan memulai untuk latihan muay thai. Sebelumnya, kamu diwajibkan untuk melakukan pemanasan sehingga bisa meminimalisir cedera. Lakukan jogging atau skipping setidaknya 15 menit. Jogging ini dilakukan untuk bisa bentuk stamina dan menjadikan tulang lebih kuat. Sedang untuk skipping sendiri dilakukan untuk latih keseimbanganmu. Jika sudah selesai semua, lanjut dengan melakukan shadow boxing yakni gerakan berupa menendang, memukul dan lain sebagainya. Melakukannya pun di depan kaca sehingga bisa dipastikan apakah gerakan tersebut sudah tepat atau belum. Terakhir, lakukan circuit training dimana diberikan trainer sebelum kamu lakukan one on one.

Manfaat muay thai

Setelah kamu tahu secara singkat tentang muay thai, maka kamu pun juga penasaran dengan manfaat dari muay thai ini bukan? Berikut ini manfaatnya:

  • Muay thai mampu meningkatkan stamina dimana jika dilakukan secara rutin maka akan jadikan stamina tambah kuat.
  • Melakukan muay thai juga bisa menjadikan berat badan tetap terjaga. Tentunya ini akan sangat menentukan untuk kamu yang sedang melakukan diet karena muay thai akan bisa membakar kalori yang cukup banyak. Setidaknya kamu disarankan melakukan muay thai dalam 2 kali seminggu.
  • Meningkatkan kekuatan otot karena muay thai menggunakan kaki dan tangan dalam gerakannya.

Baca juga :

Cut Carbo Demi Diet Tanpa Lapar, Cobain Yuk

Mulai Program Dietmu Dengan 3 Langkah Penting Berikut Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

3 Fakta Nutrisi Ini Adalah Mitos, Jangan Percaya!

Mitos tentang nutrisi telah beredar luas dan dipercaya