Kuku yang tipis, lemah dan mudah terkelupas adalah mimpi buruk bagi wanita.

Jadi, apa yang menyebabkan kuku kita melemah? Rhonda Klein, MD, dokter kulit bersertifikat di Westport, Connecticut mengatakan, “Kuku kita terbuat dari lapisan keratin, protein yang juga ditemukan di rambut dan kulit kita. Seiring bertambahnya usia, sel-sel dalam tubuh kita menghasilkan keratin pada tingkat yang lebih lambat, yang dapat menyebabkan kuku melemah dan tampak kering dan kusam.”

Namun, bukan hanya proses penuaan yang bisa membuat kuku kita melemah. Unsur-unsur seperti cuaca yang sangat dingin, kebiasaan mencuci tangan berlebihan, atau kontak langsung dengan bahan kimia dapat mengikis kuku, membuatnya menjadi kering dan rentan.

Beberapa orang memilih untuk menyembunyikan kuku tipis dan lemah dengan berbagai cat kuku yang cantik. Tapi, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan selain menutupi kuku yang lemah. Kamu bisa mulai merawat kuku kamu sehingga kuku kamu bisa tumbuh dengan kuat dan sehat. Jadi, kamu tidak perlu menutupi kelemahannya lagi.

Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat kuku kamu tumbuh kuat dan sehat :

  • Lembapkan Tangan dan Kuku Secara Teratur

Sering melembapkan kuku dan kulit di sekitarnya dengan krim tangan dapat mencegah kerusakan integritas kuku.

  • Jaga Agar Kuku Tetap Pendek

Jika kamu mengalami masalah dengan kuku yang lemah, pertimbangkan untuk memotong panjangnya saat kamu sedang berusaha merawat kuku agar lebih kuat. Kuku yang pendek akan mengurangi risiko kuku sobek atau patah.

  • Kikir Supaya Ujung Kuku Menjadi Halus

Gunakan kikir kuku yang lembut untuk menjaga agar kuku kamu tetap halus, karena dengan ujung yang lebih kasar, kamu berisiko membuat robekan pada kuku, yang bisa menyebabkan kulit terkelupas dan robek.

  • Hindari Menghapus Cat Kuku dengan Aseton

Penghilang cat kuku yang penuh aseton dapat menyebabkan kuku terkelupas dan terbelah. Sebaiknya hindari penggunaan aseton. Jika benar-benar dibutuhkan, kamu bisa mencari nail polish remover non-aseton.

  • Jangan Menggunakan Hand Sanitizer Secara Berlebihan

Pembersih tangan seperti hand sanitizer yang dijual bebas di toko, biasanya berbahan dasar alkohol. Sehingga, penggunaan yang berlebihan bisa mengeringkan kuku kamu dan membuatnya rapuh

  • Makan Lebih Banyak Makanan yang Menutrisi Kuku

Pastikan kamu mengonsumsi cukup vitamin, protein dan kalsium, yang dianggap dapat meningkatkan kesehatan kuku. Mengisi makanan kaya biotin, seperti sayuran, telur, dan kacang-kacangan, juga bisa membantu.

  • Jaga Agar Tubuh Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan, tak terkecuali kesehatan kuku. Tanpa kelembaban yang cukup, kuku bisa menjadi rapuh dan mudah pecah atau mengelupas.

  • Minimalisir Kuku Terendam Air dalam Waktu yang Lama

Ketika tangan kamu direndam dalam air untuk jangka waktu yang lama (saat mencuci piring, mandi, atau berenang) ini tidak hanya membuat kulit kamu dehidrasi tapi juga menghisap kelembaban dari kuku kamu. Sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan karet untuk menjaga kuku kamu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/hal-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dilakukan-supaya-kuku-tetap-sehat/

http://www.tampilcantik.com/ingin-punya-kuku-cantik-ini-loh-rahasianya-gak-perlu-keluar-duit-mahal-kok/

http://www.tampilcantik.com/ingin-kuku-kuat-dan-berkilau-konsumsi-makanan-makanan-ini-nih/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Rambut Kamu Cepat Berminyak

Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah