Image result for berenang di kolam renang

Bayangkan ini, kamu telah merencanakan untuk menghabiskan hari dengan teman-teman kamu di sebuah resor, hanya bersantai dan juga menikmati waktu di kolam renang! Kedengarannya menyenangkan dan santai, kan? Dan juga, berenang adalah salah satu bentuk latihan terbaik yang bisa kamu lakukan! Namun, seperti kebanyakan hal baik, bahkan kolam renang memiliki konsekuensi negatif tertentu.

Kita semua tahu, dengan berenang secara teratur akan memberikan kita banyak manfaat. Menurunkan berat badan, tonik tubuh, penguatan otot, peningkatan fleksibilitas tubuh, meningkatkan energi, mengobati depresi, dan masih banyak lagi. Namun, jika kamu adalah seseorang yang berenang secara rutin, terutama di kolam renang umum, maka kamu harus menyadari semua hasil negatif yang mungkin terjadi.

Sama seperti bagaimana berolahraga di gym sangat sehat, tetapi dilengkapi dengan serangkaian risiko sendiri, berenang juga memiliki potensi risiko kesehatan tertentu.

Menjaga kesehatan yang baik, sehingga kita dapat terbebas dari penyakit dan meningkatkan kualitas hidup kita, harus menjadi prioritas utama kita. Jadi, berikut adalah beberapa cara di mana kolam renang bisa membuat kita sakit.

  1. Diare

Diare adalah bentuk gerakan lepas kronis yang cukup umum ketika orang-orang menderita keracunan makanan, flu, dll. Meskipun sepertinya masalah sederhana, diare dapat menyebabkan dehidrasi kronis dan bahkan bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Kuman spesifik yang dikenal sebagai ‘Cryptosporidium’ hadir di kolam renang yang tidak higienis, di mana banyak orang berenang dan meninggalkan jejak urin atau masalah feses. Kuman ini bisa menyebabkan diare kronis.

  1. Iritasi Mata

Jika kamu adalah orang yang suka berenang di kolam renang umum secara cukup teratur dan kamu mengalami iritasi dan kemerahan pada mata, itu mungkin karena klorin dan disinfektan kimia lainnya yang digunakan di kolam renang. Zat kimia ini dapat mengiritasi jaringan halus mata. Selain itu, kotoran dan keringat yang ditinggalkan oleh orang lain di kolam juga bisa menyebabkan alergi pada mata.

  1. Infeksi Telinga

Ada berbagai macam koloni bakteri yang tumbuh di perairan kolam renang dan bahkan dinding kolam renang, terutama di kolam renang umum yang digunakan oleh banyak orang dan kolam yang tidak higienis. Beberapa strain bakteri ini bisa masuk ke telinga kamu saat berenang dan menyebabkan infeksi, peradangan, dan gatal-gatal. Jadi, disarankan untuk mengenakan penutup telinga saat berenang di kolam renang umum.

Nah inilah beberapa hal yang bisa membuat kamu sakit saat kamu sedang berada di kolam renang. Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu menggunakan perlindungan sebelum kamu berenang apalagi di kolam renang yang umum.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rasa Logam di Lidah? Ini Kemungkinan-Kemungkinan Alasannya Kamu Alami Dysgeusia

Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil