Kopi adalah salaha satu minuman favorit bagi banyak orang. Orang yang menyukai kopi mulai dari remaja sampai orang tua. Bahkan ada beberapa orang yang harinya harus diawali dengan segelas kopi. Dengan meminum kopi terbukti memang membuat seseorang yang meminumnya menjadi lebih bersemangat untuk menjalani hari. Tidak hanya di pagi hari saja, kadang ada beberapa orang yang meminum kopi disela waktu kerja. Karena kandungan kafein pada kopi akan membantu kamu mengatasi rasa kantuk dan membuat kamu lebih segar. Walaupun begitu, bukan berarti kamu boleh mengonsumsi kopi secara berlebihan. Karena men gonsumsi kopi secara berlebihan akan membahayakan kesehatan kamu. Salah satu masalah yang disebabkan karena mengonsumsi kopi yang berlebihan adalah gangguan tidur dan sakit kepala. Jika kamu memang penggemar kopi, mulai sekarang kamu harus mulai mengurangi konsumsi kopi yang berlebihan. Bagaimana caranya? Ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk  mengurangi kebiasaan minum kopi yang berlebihan, antara lain :

  1. Menggantinya dengan Susu atau Hot Chocolate

Image result for hot chocolate

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan minum kopi yang berlebihan adalah menggantinya dengan susu atau hot chocolate. Dengan meminum hot chocolate atau susu, hal ini akan mengurangi kebiasaan minum kopi kamu yang berlebihan. Walaupun hot chocolate juga mempunyai kandungan kafein, tetapi kandungannya lebih sedikit disbanding kopi.

  1. Menggantinya dengan Teh Hijau

Image result for teh hijau

Hal selanjutnya  yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan minum kopi yang berlebihan adalah menggantinya dengan teh hijau. Kalian pasti sudah tahu kan yang namanya teh hijau, the ini adalah termasuk teh yang sangat baik untuk kesehatan. Teh ini juga sering digunakan untuk proses diet. jika kamu tidak bisa langsung menggantinya dengan teh hiajau, kamu bisa menggantinya secara perlahan. Jika kamu biasa mengonsumsi kopi sebanyak 4 gelas dalam sehari, kamu bisa menggantinya dengan 3 gelas kopi dan 1 gelas teh hijau. Seiring dengan bergantinya hari kamu pasti akan terbiasa.

  1. Istirahat yang Cukup

Image result for istirahat yang cukup

Hal selanjutnya  yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan minum kopi yang berlebihan adalah dengan istirahat yang cukup. Biasanya orang terlalu banyak minum kopi karena ingin menghilangkan rasa kantuk. Rasa kantuk biasanya muncul karena kamu kurang istirahat, entah karena pekerjaan ataupun menonton drama. Jadi kamu juga harus mempunyai istirahat yang cukup agar pada saat siang hari tidak merasa ngantuk. Dan buat kamu yang mempunyai kebiasaan begadang, mulai sekarang harus menguranginya. Paling tidak tidur dua sampai tiga jam lebih cepat dari biasanya. Hal ini akan sangat membantu sekali untuk mengurangi minum kopi yang berlebihan.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minum kopi yang berlebihan. Meminum kopi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, jadi kamu juga harus memikirkan kesehatan kamu.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing