Pada saat ini lapisan ozon semakin menipis dan suhu bumi semakin meningkat. Saat ini semakin banyak sinar matahari yang mampu menembus lapisan ozon. Ada beberapa dampak yang terjadi karena hal tersebut salah satunya sunburned lips. Sunburned lips sering dikenal juga dengan bibir terbakar. Sama seperti kulit, bibir pada manusia bisa rusak jika terus terpapar sinar matahari yang mengandung UV.               Semakin bertambah umur, bibir manusia semakin tipis sehingga mudah rusak dan perlu dilindungi.

Bibir terbakar bisa terjadi jika bibir tidak dilindungi dengan pelembap yang dapat melindungi dari sinar UV dan terlalu sering beraktivitas di luar. Tanda-tanda jika bibir kamu terkena sunburned lips yaitu bibir terlihat gelap, bibir terasa tertarik, bibir kemerahan, bibir kering, bibir pecah-pecah dan terasa perih. Akibat yang parah dari sunburned lips adalah kanker. Begitu banyaknya dampak dari sunburned lips. Berikut ini cara mengatasi sunburned lips.

1. Menggunakan pelembap bibir

Bibir yang terkena sunburned lips pasti terasa kering dan pecah-pecah oleh sebab itu oleskan pelembap bibir untuk menjaga kelembapan bibir. Sama seperti kulit, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung spf  15-30. Spf mampu mencegah terjadinya sunburned lips lagi.  Pelembap bibir biasanya terbuat dari minyak yang alami seperti minyak almond, minyak kelapa, dan minyak jarak sehingga tidak memperparah keadaan bibir karena jika sudah mengalami sunburned lips, bibir akan sensitif. Pelembap juga mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan bibir. Selain itu, pelembap dapat mencegah terjadinya infeksi pada bibir.

2. Minum air putih yang banyak

Meskipun terlihat sepele, minum air putih sulit dilakukan secara rutin lho. Terkadang banyaknya aktivitas membuat kamu lupa  untuk minum air putih. Minum air putih yang cukup akan memberikan manfaat yang banyak pada tubuh. Air putih dapat membantu mengobati sun burned lips dari dalam tubuh. Jika air putih yang kamu minum cukup maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan mampu melembapkan bibir.

3. Mengompres bibir

Mengompres bibir bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama saat bibir terbakar 1 sampai 2 hari sebelumnya. Mengompres bibir dapat menggunakan es batu atau susu dingin. Rasa dingin dapat membantu mengurangi peradangan luka bibir dan meredakan rasa sakit. Mengompres bibir menggunakan es batu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu yang pertama rendam waslap ke dalam wadah yang bersisi es batu.  Peras handuk lalu tempelkan ke bibir. Cara kedua yaitu masukan beberapa es batu kedalam kantong plastik. Setelah itu tempelkan pada bibir. Selain es batu, kamu bisa mengompres bibir menggunakan susu. Susu yang digunakan adalah susu cair. Pertama, masukan susu cair ke dalam kulkas supaya susu dingin. Setelah itu tuang susu ke dalam wadah dan masukan waslap ke dalamnya. Angkat waslap lalu tempelkan pada bibir. Susu mengandung lemak dan protein yang mampu mempercepat menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Kompres bibir selama 10-20 menit. Lakukan kompres bibir sehari tiga kali sampai bibir sembuh.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/10-warna-lipstik-terbaik-untuk-wanita-dengan-kulit-gelap/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-lebih-dalam-perbedaan-lip-cream-lip-gloss-dan-lip-tint/

http://www.tampilcantik.com/kesalahan-ini-kerap-dilakukan-wanita-dalam-pemakaian-lipstik-apa-kamu-juga-melakukannya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta yang Akan Membuat Kamu Mengubah Kebiasaan Skincare

Skincare adalah suatu hal yang wajib dilakukan di