dokter

Penyakit jantung dan stroke termasuk ke dalam kategori penyakit yang paling mematikan sedunia, di mana ada tiga faktor risiko utama manusia terserang penyakit jantung dan stroke yakni kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan makan dengan gizi yang tak seimbang.  yaitu kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik serta makan tidak seimbang terus meningkat. Menjaga kesehatan jantung memang susah-susah gampang. Susah jika tidak ada kebiasaan disiplin dan mudah jika dilakukan secara disiplin dan rutin setiap hari.  Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan jantungmu yang bisa kamu lakukan secara rutin setiap hari:

Tidur yang Berkualitas

Studi membuktikan bahwa orang yang insomnia atau memang memiliki jam tidur yang kurang pada malam hari dapat terserang penyakit jantung dengan risiko 2 kali lipat. Tidur minimal 8 jam per hari akan membuat tubuhmu pulih dari rasa lelah dan letih.  Jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas, kamu akan memiliki berat tubuh yang terkontrol dan daya tahan tubuh yang baik.

Jauhi Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat merusak organ penting dalam tubuhmu, baik otak maupun jantung. Kandungan alkohol dapat merusak sel-sel dalam tubuhmu sekalipun tidak kamu rasakan saat ini, dampak yang kamu tanggung di kemudian harilah yang akan menyerangmu. Demi kesehatan jantungmu, maka jauhilah minuman beralkohol.

Tertawa

Kamu dapat menurunkan hormone stres yang diketahui dapat merusak laisan pembuluh darah dengan tertawa setiap hari, terhadap hal-hal kecil yang lucu dan menyenangkan. Karena ketika kamu sedang stres, jantungmu akan menerima hormon adrenalin dalam jumlah yang besar yang berakibat pada ketidaknormalan denyut jantung dan arteri jantung akan menyempit akrena trombosit yang saling melekat. Hormon stres yang turun akibat tertawa akan menyehatkan jantung.

Banyak Konsumsi Air Putih

Minum 8 gelas sehari akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantungmu. Kamu juga bisa mengonsumsi lebih dari 8 gelas sehari untuk menjagamu tetap terhidrasi dan membuat tubuhmu makin sehat.

Olahraga Rutin

Gerakan saat kamu berolahraga melatih jantungmu menjadi lebih kuat. Hal ini akan mengurangi risiko terserang penyakit jantung.  Selain dapat menguatkan jantungmu, olahraga juga dapat menjaga berat badanmu agar tetap ideal dan karenanya akan berefek baik pada jantungmu.

Hindari Makanan Berlemak

Lemak jahat yang terkandung di dalam makanan akan menumpuk dan memunculkan penyumbatan pada pembuluh darah yang hendak mengalir menuju jantung, sehingga asupan oksigen yang dibawa oleh darah menuju jantung terhambat. Lemak inilah yang menjadi penyebab penyakit jantung. Maka dari itu, sebisa mungkin, hindari makanan berlemak atau berkolesterol demi kesehatan jantungmu.

Baca juga 5 Masalah Pada Kulit Ini Rupanya Jadi Tanda-tanda Masalah Kesehatan Serius – Sudah Tahu?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan