Depresi bisa terjadi pada siapa saja. Namun, beberapa orang mengalaminya terlalu sering. Memang, wanita beresiko dua kali lipat lebih besar untuk terserang depresi dibanding pria. Salah satu penyebabnya adalah hormon, tapi bukan satu-satunya. Karena itulah, ada berbagai macam penanganan untuk mengusirnya.

Jika kamu termasuk seseorang yang  rentan atau sedang depresi, berikut adalah hal yang bisa kamu coba untuk mengusir rasa biru yang seringkali mendadak menyerangmu.

Dengarkan Musik

Musik bisa mengaktivasi pusat-pusat kebahagiaan pada otak, membuat kita merasa lebih terkoneksi dan mengalihkan fokus kita. Musik-musik bahagia bisa membantu kita. Namun, jangan salah, sebuah jajak pendapat yang diadakan oleh BBC mengungkap bahwa bahkan lagu melankolis seperti “I Know It’s Over” bisa menjadi obat untuk gejala-gejala depresi.

Tidur Cukup

Orang-orang yang kurang tidur ternyata memiliki resiko terserang depresi hampir 10 kali lipat dibanding mereka yang selalu tidur nyenyak pada malam hari. Ini yang harus kamu perhatikan agar tidurmu bisa dibilang berkualitas: waktu tidur dan bangun teratur, setidaknya terlelap selama tujuh jam, dan jangan menatap layar-layar elektronik satu jam terakhir sebelum tidur.

Pergi ke Alam

Larut dalam pemandangan, bau, dan suara-suara alam bisa menghilangkan stres dan mengangkat mood-mu. Alam juga menyiramimu dengan cahaya matahari terang jika kamu adalah tipe yang sering down ketika cuaca buruk. Berjalan-jalanlah di hutan kota jika kamu tak punya waktu naik gunung atau mengunjungi air terjun.

Konsumsi Omega-3

Omega-3 adalah makanan buat otak. Asam lemak yang terkandung dalam ikan-ikan seperti salmon dan tuna kalengan ini bisa mengangkat mood orang-orang dengan depresi ringan dan sedang. Jangan pernah kekurangan ikan-ikanan jika ingin depresimu membaik.

Jangan Kurang Gerak

Depresi memang membuat kita cenderung tak mau melakukan apa-apa. Hanya mengurung diri di kamar, tiduran, terjebak dalam melankolia. Namun, paksalah dirimu untuk beraktivitas. Studi menunjukkan bahwa wanita yang duduk kurang dari 4 jam sehari dan beraktivitas banyak ternyata tiga kali lebih kebal dari depresi dibanding mereka yang duduk lebih dari tujuh jam sehari dan tidak aktif.

Jalani Terapi

Jangan termakan stigma bahwa menjalani terapi itu hanya untuk orang-orang yang gila. Jika inin kesehatan mentalmu terjaga, jangan ragu-ragu menemui psikiater ketika kamu merasa depresimu sudah terlalu berat. Terapi memberimu alat untuk menginterpretasikan situasi dengan lebih poitif dan menghadapi serangan dengan baik.

Konsumsi Obat Anti Depresi

Sejalan dengan terapi, dokter akan memberimu antidepresan jika dinilai kamu membutuhkannya.  Bagi banyak orang, mengkonsumsi pil-pil ini hasilnya jauh lebih cepat dibanding terapi, walaupun kombinasi keduanyalah yang berperan besar.  Antidepresan memang tidak akan menyelesaikan masalahmu selamanya, tapi akan sangat membantumu untuk bisa tetap berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Cara Melindungi Diri Dari Virus Corona

Inilah yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri