Image result for diet bebas lektin

Kamu mungkin pernah mendengar tentang diet keto, diet paleo, diet bebas gluten dan sebagainya. Tetapi kami yakin kamu belum pernah mendengar tentang diet bebas lektin. Lektin adalah sejenis protein yang dapat membantu sel berinteraksi satu sama lain. Lektin juga memengaruhi kesehatan kamu dalam beberapa cara, mulai dari pencernaan hingga meningkatkan risiko penyakit kronis. Jadi, apa itu lektin? Mereka ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan dan mereka suka mengikat karbohidrat, yang dapat membantu sel-sel berkomunikasi satu sama lain.

Mengonsumsi lektin akan meningkatkan respons peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan kondisi kesehatan serius lainnya, seperti sindrom usus bocor dan sindrom iritasi usus. Selain itu, lektin dapat menyebabkan sakit perut saat makanan nabati dimakan mentah.

Lektin dalam kacang merah disebut phytohaemagglutinin dan dapat menyebabkan keracunan. Ini hasil dari makan kacang merah mentah yang tidak dimasak.

Mengkonsumsi empat kacang merah mentah dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah dan diare, menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat.

Apa Diet Bebas Lektin?

Diet bebas lektin dipopulerkan oleh Dr. Steven Gundry, yang merupakan mantan ahli bedah jantung yang mengalihkan fokusnya ke makanan dan obat-obatan berbasis suplemen. Diet bebas lektin melibatkan mengambil makanan tinggi lektin seperti quinoa, biji-bijian, kacang polong dan sayuran seperti tomat, cabai dan terong. Sebaliknya, diet menyarankan kamu untuk memuat piring kamu dengan makanan rendah lektin seperti sayuran hijau, sayuran seperti kembang kol, brokoli, asparagus, jamur, kacang dan biji, millet, dan ikan yang ditangkap liar.

Manfaat Dari Diet Bebas Lectin

  1. Manfaat Orang Dengan Sensitivitas Makanan

Makan makanan yang mengandung banyak lektin dapat menyebabkan gas atau gangguan lambung pada beberapa orang. Karena lektin tidak dapat dicerna, ia mengikat selaput sel yang melapisi saluran pencernaan. Ini dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan.

  1. Ini Akan Membantu Kamu Menghindari Makanan Beracun

Memasak dapat membantu menghancurkan sebagian lektin dalam makanan. Itulah alasan penting untuk menghindari kacang mentah, basah, atau setengah matang, seperti kacang merah. Kacang ini telah ditemukan beracun bagi manusia karena kadar lektin mereka. Dengan merendam kacang sebentar juga tidak cukup untuk menghilangkan isi lektin.

Dapatkah Diet Bebas Lektin Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan?

Orang yang mengeluarkan leptin dari makanan mereka cenderung mulai kehilangan berat badan. Sebuah studi mencatat menunjukkan bahwa diet bebas lektin dapat memiliki efek positif pada orang dengan penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik (sekelompok kondisi yang ditunjukkan oleh peningkatan tekanan darah, kadar gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan kolesterol tidak normal). Juga, sebagian besar makanan dengan lektin bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Risiko Dari Diet Bebas Lektin

Diet bebas lektin adalah rencana restriktif, yang mungkin menyulitkan beberapa orang yang ingin mengikutinya dalam jangka panjang. Rencana diet bebas lektin juga membatasi atau memotong banyak makanan bergizi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran tertentu. Konsumsi biji-bijian dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker. Serta, legum dan sayuran menyediakan serat makanan dan konstipasi yang lebih rendah. Dan juga, diet bebas lektin mungkin sulit untuk diikuti vegetarian, karena kacang-kacangan, b dan biji-bijian menyediakan protein nabati dan mereka kebanyakan dihilangkan dari rencana diet lektin.

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk Buat Rencana Diet Paleo Sekarang Juga

Diet yang dikenal sebagai diet Paleolitik, disingkat sebagai