Makanan bukan menjadi sebab utama dalam munculnya jerawat. Kebersihan yang kurang dijaga, stress, hormon, hingga faktor lainnya juga bisa jadi pemicu munculnya jerawat di kulitmu. Namun, jika memang faktor pemicu jerawat yang kerapkali terjadi yakni faktor makanan. Jika demikian, maka cara mengatasinya adalah dengan melakukan diet sehat.

Diet sehat untuk mengatasi jerawat ini juga bisa menjadi cara lain yang kamu lakukan dalam menurunkan berat badan. Biasanya diet untuk jerawat adalah disarankan mengurangi konsumsi minyak dan berlemak. Namun ada cara lainnya juga. Tentu kamu sudah penasaran bagaimana caranya bukan? Inilah diet sehat yang bisa kamu tiru.

1. Perbanyak air putih

Air adalah pembersih untuk tubuh bagian dalam Anda. Takaran minum air putih yang umum diketahui yakni 8 gelas per hari. Meski demikian jika kamu memiliki berat badan yang berlebih maka kebutuhan airnya juga akan lebih besar dibandingkan dengan yang biasa. Untuk bisa menghitung kebutuhan air putih secara tepat sesuai tubuhmu, maka kamu bisa menggunakan rumus berat badan dibagi 20. Misal saja jika berat badanmu adalah 60 kg, maka dibagi 20 menghasilkan 3. Jadi, kebutuhan air putih harianmu adalah 3 liter tiap harinya.

2. Kurangi konsumsi gula

Diet rendah gula juga sangat bagus dilakukan untuk mendapatkan bentuk badan ideal dalam waktu cukup cepat. Anda bisa mencoba untuk menghindari konsumsi gula. Jika memang ingin merasakan yang manis-manis, maka ganti saja dengan madu. Jika kadar gula di tubuh terkontrol, maka hal ini akan bisa perbaiki kondisi kulit berjerawat sehingga tak akan kian parah dan mampu sembuhkan jerawatnya meski tetap butuh waktu.

3. Suplemen minyak ikan

Banyak yang mengira jika minyak ikan hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena suplemen minyak ikan pun juga dibutuhkan oleh orang dewasa. Kandungan omega 3 yang ada di dalam minyak ikan bisa berfungsi menjadi penghalang alami dalam peradangan jerawat. Jadi jika ingin obati jerawat, maka konsumsi suplemen minyak ikan ini bisa jadi solusinya.

4. Konsumsi makanan kaya serat

Sebab lain yang timbul jika jerawat mampir di kulitmu adalah karena kurangnya serat. Serat merupakan bagian penting yang bisa bantu sistem pencernaan di dalam tubuh kamu. Jadi, pastikan konsumsi makanan dengan serat tinggi. kenutuhan serat untuk tiap manusia adalah di kisaran 20 hingga 30 gram dalam seharinya. Serat ini akan bantu menjaga usus besar senantiasa bersih dalam hal pengeluaran racun sehingga racun tak akan mencapai ke kulit.

5. Diet karbo

Mengurangi asupan karbohidrat akan bisa menjadikan jerawat pun terminimalisir. Karbohidrat yang dimaksud terutama karbohidrat yang sudah lewat proses kimia misalnya permen, soda hingga makanan yang dimasak dengan cara dipanggang. Hal ini lantaran karbo tersebut akan jadikan tingkat insulin yang ada di darah meningkat sehingga bisa berpotensi timbulkan jerawat.

Jika kamu bisa diet karbo dengan baik, maka bukan hanya jerawat saja yang tersingkir, tapi juga beberapa kilo lemak di tubuhmu. Keren kan?

Baca Juga Telah Terbukti!!! Diet Sehat Dapat Membasmi Segala Bentuk Penyakit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Miliki Tubuh Indah Ala Supermodel Gigi Hadid dengan Tips Diet Berikut Ini

Tubuh indah bak model seolah sudah menjadi standar