Beras adalah bahan makanan pokok untuk orang Indonesia. Beras bersifat serbaguna dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan rasa dan bumbu apapun. selain itu, beras adalah barang makanan yang berhargadan juga bergizi. Teksturnya yang  lembut akan  menambah zat untuk makanan dan melengkapi beberapa jenis  makanan.

Selain yang disebutkan diatas, da banyak sekali manfat yang akan kamu dapatkan dengan mengonsumsinya sebagai nasi. Apa aja? Ini dia manfaatnya.

Serat

Beras coklat mengandung 1,8 persen serat, sedangkan beras putih memiliki 0,3 persen serat. Satu cangkir beras merah direbus memiliki 3,5 gram serat. Pati yang tahan ditemukan di beras dan pati ini membantu memberi makan bakteri menguntungkan dalam usus, sehingga merangsang pertumbuhan mereka.

Vitamin Dan Mineral

Banyak vitamin dan mineral hadir dalam beras merah, bukan nasi putih. Vitamin dan mineral seperti mangan, selenium, tiamin, niacin, magnesium, dan tembaga hadir dalam beras merah. Dan tiamin adalah vitamin B yang membantu metabolisme karbohidrat, dan magnesium membantu dalam ratusan reaksi enzim yang terlibat dalam sintesis DNA. Sedangkan mangan membantu metabolisme karbohidrat dan protein.

Karbohidrat

Karbohidrat hadir dalam beras terutama dalam bentuk pati. Ini menyumbang hingga 90 persen dari total berat kering dan 87 persen dari total konten kalori. Karena, pati terdiri dari rantai panjang glukosa yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin.

Jadi, dengan kamu mengonsumsinya sebagai makaan pokok akan membuat kamu mendapatkan banyak energi.

Bagaimana Beras Dapat Meningkatkan Metabolisme?

Beras dimasukkan ke dalam sebagian besar rencana makan kamu. Cara terbaik untuk makan nasi adalah dengan mengatur porsi kamu. Jika nasi adalah satu-satunya makanan yang kamu miliki, simpanlah porsi kamu  sekitar dua tiga cangkir beras yang dimasak.

Makan nasi dalam jumlah besar dapat menyebabkan kamu  mengonsumsi kelebihan kalori dan karbohidrat. Karbohidrat diubah menjadi glukosa dan setiap kelebihan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah kamu dengan cepat, dan  menghasilkan peningkatan kadar insulin. Untuk pasien diabetes, ini bisa menjadi masalah. Jadi, untuk kamu yang menderita masalah ini, disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi terlalu banyak.

Bagaimana Cara Menyimpan Beras?

Simpan beras putih dalam wadah kedap udara di tempat sejuk dan kering dengan suhu 70 derajat Fahrenheit atau di bawahnya. Beras merah dapat disimpan selama enam bulan di tempat yang sejuk dan kering.

Cara Sehat Untuk Memasak Beras

Sebelum memasak beras, akan lebih baik jika kamu mencucinya sampai bersih terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memasaknya dengan menambahkan air. Banyaknya air, tergantung jenis beras yang kamu masak.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Bukti Bahwa Kekerasan Verbal yang Setara dengan Pelecehan Fisik

Sekitar 50% pria dan wanita pernah mengalami perilaku