Gigi menjadi bagian tubuh yang sangat penting karena memiliki fungsinya sendiri. Selain berfungsi untuk menghancurkan makanan sehingga bisa mudah untuk dicerna, gigi pun juga memegang peranan yang amat penting bagi penampilan. Tidak heran jika kini banyak sekali orang yang melakukan prosedur tertentu demi kebersihan dan pastinya kecantikan di giginya.

 

Masalah umum yang timbul di gigi adalah masalah gigi yang kuning. Untuk sebagian orang, kondisi gigi kuning ini kerapkali menjadikan kepercayaan diri menurun. Tanda gigi kuning biasanya sangat mudah dikenali yakni dengan adanya perubahan warna alami dari gigi yang menjadi kekuningan. Untuk lebih tahu terkait gigi kuning ini, maka simak penjelasan berikut ini yuk!

 

Penyebab gigi kuning

Penyebab termudah kondisi gigi kuning adalah karena konsumsi kopi dan juga merokok. Selain itu gigi kuning pun bisa terjadi ketika kamu tidak membersihkan sisa makanan ataupun minuman tertentu misalnya kentang, soda, teh, apel hingga minuman wine merah. Ini karena semua sisa makanan itu bisa meninggalkan bekas noda menguning hingga abu ke enamel gigi.

 

Beberapa faktor lain yang bisa jadi sebab perubahan warna gigi diantaranya:

  • Penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride berlebihan.
  • Pemakaian obat kumur dengan kandungan chlorhexidine dan cetylpiridinium chloride.
  • Plak gigi berlebihan hingga masalah karang gigi juga bisa jadi penyebab gigi menguning.
  • Membersihkan gigi dengan jalan yang tidak tepat.
  • Pemakaian obat antibiotik dengan jenis tetracycline dan doxycycline.
  • Pertambahan usia juga bisa jadi penyebabnya karena lapisan enamel gigi yang kemudian jadi menipis.
  • Faktor kesehatan lainnya misalnya anemia dan kondisi lain.

 

Cara hilangkan gigi kuning secara alami

Tentunya gigi kuning menjadikan kepercayaan diri kamu menurun dong, terutama ketika kamu berbicara atau tersenyum. Sebetulnya gigi kuning bisa kamu hilangkan kok. Kamu bisa menjaga kebersihan gigi yakni dengan cara menyikat gigi secara rutin sebanyak dua kali sehari. Jangan lupa untuk menggunakan benang gigi dan juga memakai obat kumur. Cara tersebut bisa jadi bagian penting dalam hal upaya untuk mencegah dan juga menghilangkan gigi yang kuning.

 

Cara hilangkan gigi kuning dengan prosedur medis

Jika sudah berusaha merawat dan menjaga gigi tapi masih juga tetap kuning, maka kamu bisa konsultasi dengan dokter sehingga bisa menangani kondisi gigi kuning tersebut. Ada beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Cetakan gigi dengan pemutih: metode yang satu ini banyak dikenal dengan sebutan bleaching. Di cetakan gigi nantinya, akan dimasukkan zat pemutih sehingga bertujuan untuk membersihkan karang atau plak di gigi dan gusi. Prosesnya butuh waktu 1 jam tapi kadang butuh beberapa kali ulangan dalam proses ini sehingga bisa mencapai tingkat keputihan gigi yang diinginkan.
  • Laser pemutih gigi: selain penggunaan cetakan pemutih di gigi, ada juga cara dengan memakai laser dalam memutihkan gigi. Metode ini dikenal cukup mahal yakni dilakukan dengan menyinari gigi yang telah dilapisi zat pemutih. Waktunya biasanya sekitar dua jam dan banyak pasien yang mengungkapkan cukup puas dengan prosedur ini.

 

Baca Juga :

Sudah Tidak Jaman Punya Gigi Kuning, Ini Cara Alami dan Aman untuk Memutihkan Gigi.

5 Hal yang Akan Membuat Gigi Kamu Kuning

Makin Cantik Dengan Veneer Gigi. Namun Kenali Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Makanan Berkalori Tinggi Dan Efek Sampingnya

Bagi para pejuang diet tentu sudah tidak asing