Jika kamu didiagnosa memiliki ‘kolesterol tinggi’, setelah kamu diperiksa oleh seorang profesional. Hal ini bisa membuat kamu  merasa berkecil hati dan takut, bukan? Nah, wajar rasanya merasakannya karena penyakit apa pun, baik mayor maupun minor, bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kedamaian mental kamu.

Misalnya, flu biasa pun bisa mengganggu aktivitas keseharian kamu. Jadi, kamu  hanya bisa membayangkan bagaimana kehidupan seseorang yang menderita penyakit tak tersembuhkan.

Nah, sebagian besar dari kita pasti sudah  mengenal istilah “kolesterol tinggi” kan? Karena penyakit gaya hidup ini telah menjadi sangat umum akhir-akhir ini.

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung fatal, obesitas dan penyakit lainnya. Akan tetapi, kolesterol tinggi dapat tetap terkendali dengan perubahan gaya hidup seperti mengikuti diet sehat dan olahraga rutin, bersamaan dengan pengobatan tertentu.

Dan berikut adalah beberapa kebiasaan tidak sehat yang harus kamu hindari, jika kamu  memiliki kolesterol tinggi!

  1. Menghindari lemak sehat

Sekarang, sebagian besar dari kita  berpikir bahwa semua lemak tidak sehat  bisa membuat kita bertambah berat badan atau meningkatkan kadar kolesterol kita. Namun, kita tidak menyadari bahwa tubuh membutuhkan lemak sehat agar berfungsi dengan baik dan tetap sehat. Tidak semua lemak tidak sehat. Misalnya, lemak dalam pizza dan burger tidak sehat, tapi lemak alpukat dan kelapa sehat. Jadi, menambahkan lemak sehat ke dalam makanan kamu  juga bisa mengurangi kolesterol tinggi.

  1. Mengonsumsi Daging yang Salah

Jika kamu  pemakan daging, yang mengkonsumsi hidangan daging hampir setiap hari dan kamu  telah didiagnosis dengan kolesterol tinggi, kamu  harus segera melakukan perubahan diet tertentu. Mengkonsumsi daging seperti daging sapi, daging babi, dan sebagainya,  dapat meningkatkan kadar kolesterol kamu  dan menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan. Oleh karena itu, kamu  bisa memilih daging tanpa lemak seperti ayam dan juga makanan laut, yang merupakan pilihan yang lebih sehat.

  1. Diet Rendah Kalsium

Kalsium adalah mineral yang sangat penting, yang dibutuhkan agar tubuh kita tetap sehat dan kuat, khususnya di daerah tulang dan perkembangan sel otak. Selain itu, banyak penelitian telah membuktikan bahwa kalsium juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jadi, jika kamu  tidak mengkonsumsi makanan kaya kalsium seperti produk susu, bayam, telur, dan lain-lain, kamu  bisa memperburuk masalah kolesterol tinggi kamu.

  1. Mengkonsumsi Roti

Sebagian besar dari kita menyukai makanan seperti kue, biskuit, roti putih, dan lain-lain, bukan? Produk ini adalah produk roti yang populer, yang dibuat dari penggunaan ragi, gula dan bahan olahan lainnya. Kini, ramuan ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kamu, terutama jika kamu  sudah menderita kadar kolesterol tinggi. Karena makan  roti bisa meningkatkan kadar kolesterol kamu, sekaligus menimbulkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

  1. Tidak Latihan untuk Berat Badan

Baik kolesterol tinggi maupun lemak tubuh tinggi adalah penyakit gaya hidup yang berjalan seiring. Kolesterol tinggi bisa memicu kenaikan berat badan dan sebaliknya. Jadi, jika kamu  ingin menjaga tingkat kolesterol kamu  terkendali, kamu  harus mengurangi berat badan dan tingkat lemak tubuh kamu, dengan tetap berpegang pada diet ketat dan rejimen latihan.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan