Golongan darah kamu menyimpan banyak informasi karena dapat mengatur tentang bagaimana seharusnya diet kamu. Diet golongan darah dipersonalisasi berdasarkan golongan darah kamu.

Apa itu Diet Golongan Darah?

Diet golongan darah didasarkan pada membuat rekomendasi kesehatan dan nutrisi berdasarkan individualitas genetik unik yang kamu miliki. Golongan darah seseorang adalah alat penting untuk memahami bagaimana ia akan bereaksi terhadap berbagai jenis makanan, kebiasaan, dan stressor.

Ada empat golongan darah utama, yaitu A, B, AB dan O. Golongan darah ini diklasifikasikan tergantung pada pewarisan gen dari orang tua seseorang. “Setiap golongan darah ditentukan oleh keberadaan dan ketiadaan antibodi, serta zat antigenik yang diturunkan”, menurut Dr Anand Mishra, seperti dikutip oleh Hindustan Times. “Tergantung pada golongan darah, antigen ini dapat hadir dalam bentuk protein, karbohidrat, glikoprotein atau glikolipid”, tambahnya.

Lectin adalah protein yang bereaksi dengan darah kamu dan dapat memiliki dampak bervariasi pada tubuh, tergantung pada apa golongan darah kamu. Namun, efek ini tidak mengancam kehidupan tetapi dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Sistem kekebalan tubuh kamu cukup efisien untuk melindungi kamu dari efek buruk lektin dalam golongan darah tertentu. Itulah alasan diet yang cocok untuk golongan darah dapat membantu.

Berbagai Jenis Golongan Darah

Kerentanan orang terhadap penyakit dan kondisi medis tertentu secara langsung berkaitan dengan golongan darah yang mereka lahirkan. Studi ini menunjukkan bahwa O adalah golongan darah yang paling umum di negara  untuk 37,12 persen yang diikuti oleh kelompok darah B pada 32,26 persen. Golongan darah berikutnya A adalah 22,88 persen sementara AB adalah kelompok darah paling sedikit di 7,74 persen.

Bagaimana Cara Mengikuti Diet Golongan Darah?

Panduan berikut akan menunjukkan kepada kamu  cara mengikuti diet golongan darah.

  1. Golongan Darah O

Orang yang memiliki golongan darah O ditemukan memiliki sekresi asam lambung yang lebih tinggi seperti alkali, fosfatase dan lipoprotein apob48. Karena asam perut ini, mereka rentan terhadap masalah pencernaan dan gangguan tiroid juga. Diet yang kaya antioksidan, probiotik dan rempah-rempah ringan dianjurkan. Ini termasuk sayuran, buah-buahan, produk susu, ayam, telur dan ikan. Dan  harus menghindari kafein, coklat, dan alkohol yang berlebihan.

  1. Golongan Darah A

Orang yang memiliki golongan darah A sangat rentan terhadap diabetes dan obesitas. Orang-orang dengan golongan darah ini memiliki tingkat asam lambung yang lebih rendah yang membantu dalam pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, orang-orang golongan darah memiliki sistem kekebalan yang sensitif, jadi termasuk ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuransangat dianjurkan. Mereka harus menghindari daging dan produk susu tetapi dapat mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

  1. Golongan Darah B

Orang-orang golongan darah B memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi dari biasanya, yang mengarah pada obesitas, diabetes, penyakit radang dan penyakit autoimun. Jadi, makanan tinggi protein dan kurang karbohidrat dan lemak sangat disarankan. Misalnya, putih telur dan ayam harus menjadi bagian dari dietnya. Orang-orang ini harus menghindari ikan kerang seperti udang dan kepiting dan daging sapi harus dihindari. Dan mengonsumsi i alkohol juga sangat berbahaya.

  1. Golongan Darah AB

Golongan darah AB memiliki tingkat asam lambung yang rendah dan karenanya, mereka rentan terhadap masalah pencernaan. Diet mereka harus produk susu rendah lemak dan banyak buah-buahan dan sayuran segar. Selain itu, makan makanan kecil dan sering direkomendasikan untuk golongan darah AB ini. Mereka harus menghindari makan daging, makanan berlemak dan pedas yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Baca juga Sebelum Mulai Diet, Tanyakan Dulu 4 Pertanyaan Penting Ini. Apakah Tubuh Perlu Diet atau Sekedar Obsesi Belaka?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet Mudah Untuk Pekerja Kantoran

Tips Diet Mudah untuk Pekerja Kantoran yang Bisa