Membersihkan rumah tentu menjadi aktivitas yang sangat wajib untuk dilakukan. Dengan senantiasa menjaga kebersihan rumah, maka bukan hanya rumah menjadi nyaman ditinggali tapi kesehatan penghuni rumah pun akan bisa terjaga. Namun, kadang ada waktu juga dimana kamu yang rajin banget sekalipun merasa malas untuk membersihkan rumah.

 

Ternyata ketika lingkungan kotor maka akan bisa datangkan banyak sekali ancaman kesehatan lho. Lingkungan kotor juga menandakan jika keluarga yang tinggal di dalamnya bisa berpotensi terkena risiko kesehatan tertentu. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa mengancam ketika kamu membiarkan rumah dalam kondisi kotor.

 

Alergi kulit

Saat ada banyak debu di rumah, maka bisa jadi anggota keluarga di dalamnya terserang alergi kulit. Kebanyakan alergi sendiri mudah menyerang anak-anak, tapi orang dewasa pun juga bisa terkena alergi. Kok bisa sih terkena alergi? Ya, ini karena debu menempel pada permukaan kulit sehingga menjadikan rasa gatal. Jika gatal dirasa, maka otomatis kamu akan menggaruknya yang bisa jadikan iritasi. Nah, dari sinilah alergi kulit bisa terjadi dan beresiko ke seluruh bagian tubuh lho.

 

Sesak napas

Debu memiliki ukuran yang halus sehingga bisa masuk ke hidung dan juga mulut yang beresiko menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Jika kamu termasuk orang yang punya sensitifitas tinggi, maka debu yang masuk ke hidung dan menempel ke paru akan bisa sebabkan sesak nafas yang berkepanjangan. Apabila tidak langsung ditangani, maka sesak napas bisa menjadi kian parah yakni bronkitis sehingga makin membahayakan kesehatan.

 

Flu

Coba cek, jika kamu sering flu dan pilek, maka ada juga kemungkinan jika debu pun menjadi penyebabnya. Ya, bukan hanya cuaca dan kondisi tubuh saja yang menjadi faktor munculnya flu tapi juga debu pun berpotensi lho. Debu beterbangan akan bisa menjadikan hidung pun sensitif sehingga kamu bersin. Jika terus menerus terjadi, maka akan bisa diikuti gangguan lain misalnya batuk dan pilek.

 

Diare

Diare juga bisa jadi disebabkan karena lingkungan rumah kamu kotor lho. Ketika lingkungan rumah dalam kondisi kotor, maka banyak sekali binatang yang muncul dan membawa penyakit misalnya kecoa dan lalat. Jika makananmu tak sengaja dihinggapi beberapa hewan kotor tersebut, maka kemungkinan bakteri dan virus akan bisa berpindah pada makanan. Ketika kamu konsumsi makanan itu, maka diare dan juga gangguan pencernaan lainnya bisa kamu rasakan. Wah, ngeri ya.

 

Mata gatal

Keluhan mata gatal kerapkali dialami banyak orang. Jika tidak dikucek, rasanya makin gatal. Tapi ketika dikucek, maka mata akan merah dan akhirnya iritasi. Dilema banget! Untuk itu disarankan menggunakan tetes mata jika ingin menyembuhkannya. Namun, lebih baik lagi untuk melakukan tindakan pencegahan yakni dengan menjaga kebersihan rumahmu.

 

Ternyata kebersihan rumah itu penting banget bukan? Memang sih, beberapa keluhan tersebut termasuk bukan keluhan yang parah tapi tetap saja jika kamu mengalaminya maka akan terasa tidak nyaman dan aktivitas pun bisa terganggu. Oleh karena itu, yuk jaga selalu kebersihan rumah demi kesehatan keluarga bersama.

 

Baca Juga :

Ini Lho Pekerjaan Rumah yang Bisa Bantu Bakar Lemak di Tubuhmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Faktor Yang Memungkinkan Pasangan Untuk Yang Sulit Memiliki Keturunan

Anak tentu menjadi anugrah yang amat besar untuk