Kesemek adalah nama yang diberikan pada sejumlah spesies buah yang sangat mirip dari keluarga ilmiah yang sama, Diospyros. Sebagai informasi lebih lanjut tentang budaya kuno telah muncul, berkat antropologi dan arkeologi, berbagai jenis kesemek telah diklasifikasikan ke dalam Persimmon Jepang, Persimmon Amerika, Kesemek Hitam, Pohon Date-Plum dan Kegigihan India. Semua dari mereka memiliki banyak nilai gizi dan manfaat kesehatan yang sama, dengan beberapa perbedaan penting, seperti kandungan serat dan jumlah jejak senyawa organik yang tidak biasa.

Meskipun versi yang paling populer dari buah ini awalnya berasal dari Cina, ini menyebar ke seluruh dunia selama beberapa ratus tahun terakhir, dan spesies serupa juga ditemukan di belahan dunia lainnya. Ini menunjukkan bahwa kesemek telah digunakan selama ribuan tahun, dalam berbagai budaya.

Persimmons kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B6, serta serat makanan, mangan, tembaga, magnesium, potassium, dan fosfor. Mereka juga mengandung senyawa organik yang meliputi katekin, gallocatechins, asam betulinat, dan berbagai senyawa karotenoid yang termasuk dalam kompleks vitamin B.Daftar panjang manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh buah yang menarik ini kepada orang terutama disebabkan oleh kandungan vitamin dan mineral yang disebutkan di atas, serta beberapa senyawa organik.

  1. Pencernaan Bantuan

Seperti kebanyakan buah, kesemek adalah sumber serat yang baik, mengandung hampir 20% kebutuhan sehari-hari dalam satu porsi. Serat membantu tubuh memproses makanan dengan cara yang lebih efisien, dengan menambahkan curah ke tinja, merangsang gerakan peristaltik untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, meningkatkan sekresi cairan lambung dan pencernaan, dan menghilangkan gejala sembelit dan diare. Secara keseluruhan, buah berserat tinggi seperti kesemek bisa menjadi dorongan utama sistem pencernaan kamu dan dapat melindungi kamu terhadap kanker kolorektal dan penyakit serupa lainnya. Hal ini juga dapat membantu orang menurunkan berat badan dengan mempertahankannya melawan pengambilan lipida, yang dapat menyebabkan obesitas.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Persimmons kaya akan sejumlah vitamin, khususnya vitamin A, beta-karoten, lutein, lycopene, dan cryptoxanthins. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, bintik-bintik penuaan, penyakit Alzheimer, kelelahan, kehilangan penglihatan, kelemahan otot, dan sejumlah kondisi lainnya.

  1. Mencegah Perkembangan Tumor

Seiring dengan sifat antioksidan yang mengurangi kemungkinan kanker, kamu juga bisa menurunkan risiko terkena tumor. Persimmons mengandung asam betulinat, yang merupakan senyawa anti tumor yang terbukti. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan tertular tumor dengan menginduksi apoptosis, juga dikenal sebagai kematian sel terprogram, dan jika kamu sudah memiliki tumor, itu bisa mengurangi ukuran dan menghentikan kanker dari metastasis.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Awas Gagal! Kesalahan Yang Tak Banyak Diketahui Saat Menjalankan Diet Keto

Melakukan diet tentu sudah menjadi hal yang biasa