Bagi beberapa jomblo, kencan dan mencari hubungan percintaan yang baru bisa jadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Tetapi, sebenarnya, jadi jomblo dan tidak pacaran pun merupakan sebuah pilihan gaya hidup yang sehat, meskipun tak terlalu direpresentasikan dalam budaya kita. Masyarakat memberikan tekanan yang terlalu besar agar para jomblo segera mencari sang jodoh dan menikah. Padahal nyatanya, kamu tak boleh merasa wajib mengejar hubungan romantis karena alasan apa pun.

Apakah menjadi jomblo yang tidak berusaha mencari teman kencan cocok untuk kamu? Ini adalah berbagai tanda-tandanya.

Kamu tidak memperlakukan calon pasangan dengan baik

Salah satu alasan bahwa kamu akan lebih bahagia menjadi jomblo yang tidak pacaran? Kalau kamu terus menerus tidak menghormati mereka yang sedang jalan bareng sama kamu untuk pedekate, terutama jika kamu tidak bisa menjelaskan alasan mengapa kamu memperlakukan mereka begitu buruk. Apalagi, jika sebenarnya kamu tertarik dengan mereka, bukan karena kamu sudah bilang tidak dan mereka tidak juga mendengarkanmu. Jika kamu mengalami seperti ini, artinya rasa hormat kepada orang lainmu sedang tidak baik dan sebaiknya kamu melakukan pencaarian diri untuk menyelesaikan masalah ini.

Kamu di fase transisi dari hidupmu

Ketika kamu menjalani perubahan hidup yang serius, mungkin kamu baru pindah, ganti pekerjaan, atau mengalami kehilangan, maka adalah hal yang wajar dan sehat untuk menghindari hubungan jangka panjang sementara. Karena, kalau kita pacaran dengan seseorang selama fase transisi yang sangat besar atau berat, maka kita jadi tak bisa mengintegrasikan semua kesempatan kerja yang ditawarkan pada fase ini. Nantinya, kita malah merasa tergantung pada orang yang kita ajak pacaran  setelah hal-hal transisional itu sudah mencapai akhir.

Kamu dulu selalu fokus pada sang pasangan

Ketika kamu ada dalam sebuah hubungan, adalah hal yang alamiah untuk menjadikan pasanganmu prioritas. Namun, adalah hal yang esensial untuk beristirahat dan tidak terus menerus fokus pada orang lain, dan fokus pada dirimu sendiri. Kalau dulunya kamu selalu fokus pada pasanganmu dan selalu melakukan apa yang diinginkan pasanganmu, maka kamu bisa kehilangan jati dirimu sendiri. Kini, jadi jomblo mungkin pilihan terbaik untukmu untuk menemukan siapa dirimu sebenarnya, apa yang benar-benar kamu nikmati, dan seperti apa harapan dan mimpimu di masa depan.

Kamu cuma pacaran untuk membuat mantanmu cemburu

Kalau kamu hanya berfokus terhadap apa yang dipikirkan mantanmu soalmu sekarang, maka ini tandanya sementara ini kamu lebih baik jadi jomblo saja. Kamu sebaiknya menunggu sampai dampak hubungan terakhirmu mereda. Ini tidak adil bagi calon pasangamu karena hanya akan jadi pelarian belaka.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Yang Akan Kamu Rasakan Saat Belum Menikah Di Usia 30-An

Pernikahan memang menjadi dambaan setiap wanita. Ketika sudah