Menikah menjadi momen yang sangat didambakan oleh para pasangan. Untuk merayakan pernikahan, perencanaan bahkan sudah dilakukan sejak jauh hari demi bisa merayakan pesta yang meriah dan sesuai impian. Namun, kehidupan pernikahan justru diawali dengan usainya pesta yang kamu rayakan itu lho. Kamu resmi menjadi suami istri dengan tanggung jawab dan peran masing-masing.

Salah satu pertimbangan yang amat sangat penting dalam hubungan pernikahan yakni tempat kalian akan tinggal. Gampang, tinggal dengan orang tua atau mertua saja. Apa kamu yakin akan demikian? Sebetulnya tiap pasangan memiliki pertimbangan sendiri akan kondisinya, tapi ada baiknya jika sesudah menikah kamu tinggal mandiri saja. Inilah beberapa alasan yang menguatkannya.

 

Kamu dan dia akan bebas mengatur rumah tangga kalian sendiri

Alasan yang paling jelas terasa sekali dampaknya yakni dari segi pengaturan rumah tangga dimana kalian bisa melakukannya bebas atas kemauan berdua. Coba bayangkan jika kamu tinggal dengan orang tua, biasanya akan ada banyak sekali urusan yang harus didiskusikan bersama orang tua juga. Tentunya ini akan menjadikan kamu lebih bebas dong. Sebetulnya bukan karena kamu tak ingin dicampuri sih, tapi sejak menikah tentunya kamu punya teritori sendiri lho.

 

Mandiri juga harus dipelajari lho

Sebelum menikah mungkin kamu sudah terbiasa untuk dilayani dan semuanya dibantu orang tua. Bergantung kepada orang tua sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Tapi ketika kamu sudah memutuskan untuk menikah, maka kamu sudah waktunya untuk bisa mandiri. Mandiri itu bukan bisa dilakukan dengan mudah lho karena kamu juga butuh belajar. Jika biasanya sarapan pagi sudah tersedia, maka sejak menikah kamu harus memasak untukmu dan suamimu. Kamu harus memenuhi perlengkapan dan peralatan rumah sendiri dan lainnya. Belajar mandiri yuk!

 

Mampu menyelesaikan masalah sendiri

Dalam setiap hubungan rumah tangga, masalah itu pastilah ada. Masalah kecil hingga masalah besar harus siap kamu hadapi nantinya. Ada baiknya setiap masalah itu tidak sampai terdengar ke orang tua karena bisa menjadikan mereka kepikiran tentangmu dan pasanganmu. Untuk itu, tinggal sendiri pun bisa memberikan keleluasaan bagi kamu dalam bertumbuh dan berkembang agar pikiran lebih dewasa. Kamu nantinya akan tahu jika masalah tak akan bisa diselesaikan dengan saling egois dan saling keras. Kamu pun akan bisa berusaha untuk menyelesaikan masalah itu sendiri.

 

Meminimalisir masalah dengan kakak adikmu

Ada saja masalah yang bisa terjadi di rumah tangga. Bukan hanya tentang kamu dan dia, tapi juga tentang anggota keluarga lainnya. Bersikap di depan orang tua atau mertua sendiri saja sudah terasa tidak begitu bebas, apalagi ketika kamu tinggal dengan kakak adikmu serumah. Kemungkinan besar akan terjadi ketidaknyamanan dan bisa jadi ada masalah ke depannya. Demi meminimalisir hal tersebut, ada baiknya jika kamu tinggal terpisah saja bukan?

Tinggal sendiri bukan berarti harus langsung punya rumah sendiri kok. Kamu bisa sementara ngontrak sehingga mampu merasakan perjuangan bersama. Karena berjuang bersama dengan pasangan yang resmi itu begitu indah bukan?

Baca Juga :

Mau Tahu Seperti Apa Pasangan Kamu Kedepannya Setelah Berumah Tangga? Apakah Bisa Menjadi Seorang Kepala Keluarga Yang Baik?

Aturan Pernikahan yang Harus Kamu Ikuti agar Rumah Tanggamu Harmonis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Cara Memberi Tahu Pasangan Bahwa Kamu Sedang Butuh Sendiri

Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, mungkin kadang