Peregangan memainkan peran penting dalam kesehatan, kebugaran, dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Peregangan juga sangat penting untuk menjaga otot tetap fleksibel, kuat dan sehat.

Fleksibilitas adalah kunci dalam tubuh yang sehat. Jika otot kamu tidak fleksibel, rentang gerakan pada sendi kamu berkurang dan otot kamu menjadi pendek dan kencang.  Otot yang tegang dapat menyebabkan rasa sakit, postur tubuh yang buruk dan keseimbangan yang tidak baik. Kamu akan kesulitan menjalankan tugas-tugas sederhana.

Fleksibilitas menurun seiring bertambahnya usia.  Kamu harus sering-sering melakukan peregangan demi kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu rutin melakukan peregangan :

  • Latihan peregangan mampu meregangkan dan menjaga kelenturan otot dan persendian
  • Latihan peregangan mampu mengurangi stres
  • Latihan peregangan mampu mengurangi rasa sakit, nyeri dan kaku
  • Latihan peregangan mampu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah dalam tubuh
  • Latihan peregangan mampu meningkatkan rentang gerak
  • Latihan peregangan mampu meningkatkan fungsi otot
  • Latihan peregangan mampu mengurangi risiko cedera dan jatuh
  • Latihan peregangan mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan
  • Latihan peregangan mampu minimalkan pengeroposan sendi

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari peregangan secara rutin. Jika kamu berencana untuk mulai membiasakan diri dengan latihan peregangan, kamu perlu memerhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan selama melakukan peregangan.

Hal yang boleh kamu lakukan :

Kamu boleh melakukan peregangan setiap hari.  Sekalipun kamu hanya punya waktu beberapa menit, pastikan kamu melakukan sesuatu.  Ini dapat dengan mudah dilakukan sambil duduk di kursi di tempat kerja, di kereta atau bahkan saat melakukan pekerjaan rumah. Regangkan tulang belakang saat bangun.  Otot dan persendian yang telah beristirahat sepanjang malam perlu bangun untuk mempersiapkan hari yang akan datang.

Hal yang tidak boleh kamu lakukan :

Kamu tidak boleh melakukan peregangan secara berlebihan. Meregangkan otot sampai terasa terbakar berarti kamu melakukan peregangan terlalu jauh dan kamu membahayakan serat di otot. Kamu harus berhati-hati. Selain itu, kamu juga tidak boleh melewatkan peregangan saat akan berolahraga. Olahraga apa pun itu, baik basket, lari, voli, renang dan lain-lain. Peregangan mampu mencegah terjadinya cedera selama berolahraga, mampu mengurangi nyeri otot, dan dapat membantu melepaskan ketegangan otot yang menumpuk.

Terdapat beberapa macam peregangan yang dapat kamu lakukan dalam rutinitas latihan peregangan. Berikut adalah macam-macam peregangan yang bisa kamu lakukan :

  • Neck Stretch (Peregangan Leher)
  • Spinal Twist (Peregangan Tulang Belakang)
  • Tricep Stretch (Peragangan Trisep)
  • Quad Stretch / Hip Flexor Stretch (Peregangan Pinggul)

Kamu mungkin bisa memadukan berbagai macam peregangan yang kamu ketahui. Pastikan untuk menyempatkan waktu sejenak demi meregangkan otot-otot dan sendi yang tegang karena aktivitas harian kamu. Peregangan juga sangat baik dilakukan di pagi hari, sebelum kamu menjalani berbagai aktivitas padat yang membutuhkan fleksibilitas tubuh. Jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum olahraga, demi meminimalisir risiko cedera selama kamu berolahraga.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/olahraga-yang-efektif-untuk-mengurangi-lemak-samping/

http://www.tampilcantik.com/6-olahraga-yang-mampu-membakar-lemak-perut-dengan-cepat/

http://www.tampilcantik.com/otot-nyeri-usai-olahraga-ternyata-ini-sebabnya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Snake diet : Rencana Puasa Ekstrem untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu pernah mendengar tentang snake diet? Tahukah