Seiring dengan usia yang bertambah, kepadatan tulang pun akan bisa berkurang. Ini sebabnya kamu perlu untuk jaga kesehatan tulangmu sejak dini sehingga kepadatan tulang pun bisa terjaga. Keuntungan lainnya adalah dengan risiko terkena osteoporosis pun akan bisa berkurang. Namun, untuk bisa memiliki tulang sehat maka kamu pun harus berusaha untuk menjaga kesehatan tulang dengan menerapkan pola makan serta gaya hidup yang sehat hingga selalu aktif untuk bergerak.

Konsumsi ragam jenis sayur

Agar bisa menjaga kesehatan tulang, kamu disarankan rutin konsumsi sayur-mayur. Sayur dengan kandungan vitamin C tinggi berfungsi untuk bisa membantu produksi sel yang membentuk tulang. Selain itu, vitamin C pun berfungsi menjadi antioksidan yang bisa lindungi dari kerusakan sel tulang karena radikal bebas.

Cukupi kebutuhan vitamin D harian

Agar penyerapan kalsium, pembentulang tulang dan tulang bisa terlindungi, maka tubuh juga butuh adanya vitamin D. Agar vitamin D bisa terpenuhi, maka kamu bisa konsumsi makanan dengan kandungan vitamin D misalnya ikan sarden, salmon, tuna, tiram, kuning telur, jamur dan masih banyak lagi. Selain dari konsumsi makanan, vitamin D pun juga bisa kamu dapatkan dari paparan sinar matahari pagi. Ingat, hanya saat pagi lho ya di bawah jam 10.

Lakukan olahraga rutin

Bukan hanya dari segi makanan sehat, kamu pun harus aktif bergerak dengan olahraga jika ingin menjaga tulangmu tetap sehat. Jika olahraga dilakukan rutin, maka kekuatan otot, keseimbangan dan koordinasi dari tubuh pun akan bisa terjaga secara maksimal. Nah, dari sinilah mengapa risiko oesteoporosis bisa berkurang.

Berhenti merokok dan alkohol

Tentu kamu sudah tahu jika merokok dan kebiasaan minum alkohol itu tidak baik untuk kesehatan. Bukan hanya dari segi kesehatan organ tubuh saja, tapi juga dari segi kesehatan tulang lho. Ini karena kandungan di rokok bisa menjadikan tulang rapuh. Minuman beralkohol pun berdampak negatif karena bisa tingkatkan risiko osteoporosis makin besar menimpamu.

Cukupi kebutuhan kalsium harian

Jika membicarakan tentang tulang, maka pasti yang terpikir langsung adalah kalsium. Betul sekali, karena ketika kamu kekurangan kalsium maka kepadatan tulang akan menurun dan risiko patah tulang makin tinggi lho. Duh, serem ya. Untuk itu kamu wajib tahu jika kebutuhan kalsium per hari setiap usia itu berbeda-beda. Bagi orang dewasa sendiri, kebutuhan kalsium adalah 1000 mg tiap harinya. Untuk bisa penuhi kebutuhan itu, maka pastikan untuk konsumsi makanan dengan kandungan kalsium misalnya keju, susu, bayam dan lain sebagainya.

Suplemen kalsium jika perlu

Di beberapa kondisi, misalnya ketika ada gangguan di saluran pencernaan, diet kurang kalsium, menopause, masa kehamilan dan menyusui, suplemen kalsium wajib dikonsumsi sehingga kesehatan tulang bisa terjaga dan menopause bisa dicegah. Namun, untuk konsumsi suplemen ini kamu wajib konsultasi dengan dokter terlebih ketika masa kehamilan dan menyusui.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Jangan tunda-tunda, yuk jaga kesehatan tulang sejak dini sehingga di masa tua nantinya tetap senantiasa sehat.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ingin-tulang-pipi-terlihat-tinggi-seperti-para-artis-makanya-gunakan-tips-make-ini/

http://www.tampilcantik.com/hal-hal-ini-bakal-menjaga-tulang-punggungmu-tetap-sehat-mulailah-dari-sekarang/

http://www.tampilcantik.com/tulang-kuat-tanpa-minum-susu-jadikan-teh-sebagai-penggantinya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Flu

Di musim yang sangat tidak menentu seperti saat