Jambu biji adalah buah manis dan lezat yang dibudidayakan di daerah beriklim tropis. Buah musiman ini, secara ilmiah dikenal dengan Psidium Guajava, berbentuk bulat atau oval, dan berwarna hijau muda, kuning atau merah tua saat sudah matang. Dagingnya berwarna putih atau merah marun, tergantung pada jenisnya, dan memiliki biji keras kecil yang diselimuti dengan daging  manis dan lezat. Jambu biji bisa dikonsumsi mentah (matang atau setengah matang) atau dikonsumsi dalam bentuk jus, selai, dan jeli.

Jambu biji diyakini berasal dari Meksiko atau Amerika Tengah. Sekarang sangat populer di negara-negara Asia dan juga tersedia di negara-negara Amerika, terutama setelah manfaat kesehatannya terungkap.

Buah yang populer ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Selain itu, jambu biji adalah sumber energi, serat makanan, dan vitamin yang baik seperti vitamin A, vitamin C, niasin, vitamin B-6, folat, tiamin, dan riboflavin. Tidak hanya itu, jambu biji  juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, besi, dan potasium. Karena kandungan nutrisinya yang banyak, maka mengonsumsi jambu biji juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu, antara lain :

  1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat terpenting jambu biji adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir mengenai efek jambu biji terutama pada kanker prostat, dan payudara. Minyak daun jambu bertindak sebagai antiproliferatif dan telah terbukti lebih efektif daripada beberapa obat modern terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker. Jambu biji  juga kaya lycopene, antioksidan kuat yang bisa mengurangi risiko kanker prostat. Antioksidan yang sama juga menunjukkan khasiatnya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, meski lebih banyak tes harus dilakukan untuk mendukung temuan ini.

  1. Memiliki Sifat antioksidan

Jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih tinggi daripada kandungan yang ditemukan pada jeruk. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan adalah jalur utama pertahanan melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung. Sehingga, menambahkan jambu biji ke makanan kamu akan membantu kamu tetap sehat.

  1. Membantu Meningkatkan penglihatan

Jambu biji merupakan sumber vitamin A yang sangat bagus, dan juga  dikenal sebagai penguat untuk kesehatan penglihatan. Jadi, dengan mengonsumsi jambu biji, dapat membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula dan memperbaiki kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, juga bisa  melindungi sel-sel di mata kamu dan juga bisa mencegah penurunan  penglihatan.

Inilah beberapa manfata kesehatan yang dimiliki oleh jambu biji. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi jambu biji secara rutin.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Walaupun Sering Membuat Menangis, tetapi Daun Bawang Memiliki Banyak Manfaat Lho

Daun bawang berkaitan erat dengan bawang merah dan