Image result for masalah depresi

Sebuah kutipan yang sangat buruk namun nyata tentang depresi berjalan seperti ini, “Depresi dalam  hidup adalah tubuh yang berjuang untuk bertahan hidup dengan pikiran yang mencoba untuk mati”. Dengan ini, kita dapat memahami bahwa depresi adalah gangguan mental yang berbahaya yang membuat seseorang merasa seperti hidup mereka tidak memiliki arti dan bahkan dapat membuat mereka merasa seperti mengakhiri hidup mereka sendiri, karena rasa sakit mental terlalu banyak untuk ditangani!

Sementara beberapa kasus bentuk depresi yang lebih ringan tidak menunjukkan gejala yang sangat ekstrim, depresi berat dapat memiliki gejala yang parah dan efek samping yang tidak hanya mempengaruhi orang yang mengalaminya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

Depresi dapat digambarkan sebagai gangguan kesehatan mental di mana orang tersebut menderita suasana sedih terus-menerus dan kehilangan minat dalam kegiatan kehidupan sehari-hari. Dan beberapa gejala utama depresi meliputi, kecemasan, apatis, ketidakpuasan, kegelisahan, kesedihan, perubahan suasana hati, kemarahan, fluktuasi nafsu makan, fluktuasi berat badan, dan masih banyak lagi.

Sangat penting untuk dapat mengenali gejala depresi pada diri kamu atau orang-orang di sekitar kamu, karena ini adalah gangguan mental serius yang membutuhkan perhatian medis.

Dan inilah beberapa mitos yang tidak boleh dipercayai oleh orang penderita depresi :

“Saya Tidak Kuat Jika Saya Tidak Bisa Melawannya”

Mudah bagi yang lain untuk memberitahu orang-orang dengan depresi bahwa mereka harus kuat secara mental dan melawan pikiran depresif. Jadi, ini bisa membuat orang-orang dengan depresi merasa seperti mereka lemah secara mental, jika mereka tidak bisa menjadi lebih baik. Namun, depresi juga penyakit seperti diabetes atau kanker, dan seseorang mungkin tidak dapat “melawannya” sendiri, tanpa bantuan medis.

“Aku Akan Selalu Sedih”

Ini sangat mudah dialami  bagi orang yang menderita depresi untuk merasa bahwa keadaan pikiran mereka akan tetap sedih, putus asa dan tertekan selamanya, karena perubahan kimia yang terjadi di otak membuat mereka merasa seperti itu. Namun, mereka harus memahami bahwa depresi adalah penyakit mental yang dapat diobati dengan bantuan psikoterapi, perubahan gaya hidup dan pengobatan. Jadi, peluang mereka menjadi lebih baik sangat tinggi ketika bantuan yang tepat dicari!

“Saya Tidak Ingin Menjadi Beban”

Biasanya, orang-orang penderita  depresi merasa seperti mereka membutuhkan dukungan  yang konstan, karena mereka terus-menerus merasa cemas tanpa alasan dan merasa sangat kesepian. Namun, mereka mungkin juga merasa seperti terus-menerus meminta  dukungan dari orang lain dapat membuatnya menjadi beban di mata orang lain dan mereka mungkin merasa bersalah tentang fakta ini, yang dapat semakin menekan mereka. Namun, mereka tidak boleh merasa seperti ini dan harus mencari bantuan sebanyak yang mereka butuhkan!

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet Mudah Untuk Pekerja Kantoran

Tips Diet Mudah untuk Pekerja Kantoran yang Bisa