Sabun mandi atau body wash adalah salah satu produk kecantikan yang selalu digunakan setiap hari setidaknya dua kali. Sebagian besar orang tidak terlalu memperhatikan permilihan body wash. Beberapa memilih body wash dengan aroma wangi dan ada pula yang memilih body wash apa saja yang sedang diskon. Padahal memilih body wash ini tidak bisa disepelekan karena produk yang digunakan memberikan efek pada kulit.

Pilihan body wash memang sangat banyak. Tidak sedikit orang yang merasa bingung dalam memilih body wash. Meskipun tidak ada body wash yang memberikan semua manfaat, namun setidaknya ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Berikut ini beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih body wash.

Perhatikan komposisi bahan

Sama dengan memilih skincare, kamu juga perlu memperhatikan komposisi bahan pada body wash. Pilih body wash dengan bahan-bahan alami atau setidaknya tidak mengandung bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi seperti parabens dan sulfat. Parabens pada kosmetik dan body wash berperan sebagai pengawet, namun bahan kimia ini memberikan efek samping pada kulit. Selain itu, sulfat digunakan dalam body wash sebagai agen pembuat busa atau pembersih. Namun bahan kimia ini bisa menghilangkan kelembaban alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan bahkan iritasi.

Perhatikan jenis kulit

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengenali jenis kulit masing-masing. Dengan mengenali jenis kulit, kamu bisa memilih body wash yang tepat. Misalnya kamu mempunyai jenis kulit sensitif, kamu bisa memilih body wash yang melembabkan dan tidak menyebabkan kulit kering.

Pilih yang tidak menyebabkan kering

Kamu pasti merasa tidak nyaman bila setelah mandi kulit menjadi terasa kering. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memilih body wash yang melembabkan. Perhatikan label body wash yang kamu pilih misalnya ‘tidak menyebabkan kering, ‘melembabkan’, dan sebagainya. Body wash jenis ini biasanya membuat kulit tetap lembab dan tidak menghilangkan minyak alami di kulit.

Mengandung minyak alami

Body wash yang mengandung minyak alami juga bisa menjadi pilih yang tepat. Minyak alami seperti jojoba oil bisa membantu menghilangkan bakteri dalam kulit tanpa membuat kulit menjadi kering atau iritasi. Meskipun kandungan minyak alami pada body wash baik, namun sebaiknya pilih yang tidak menyebabkan pori-pori tersumbat.

Hati-hati dengan pewangi

Body wash tanpa pewangi memang kurang lengkap. Tapi kamu harus berhati-hati memilih body wash dengan pewangi karena bisa saja pewangi buatan menyebabkan iritasi pada kulit. Kamu bisa memilih body wash yang mengandung pewangi alami yang lebih aman untuk kulit.

Meskipun kamu memilih body wash dengan bahan alami dan melembabkan, namun hindari menggunakannya untuk wajah. Bagaimanapun kulit wajah lebih sensitif terhadap bagian kulit yang lain sehingga membutuhkan sabun khusus. 

Selain menggunakan body wash, kamu juga perlu menggunaan skincare secara rutin. Body wash saja tentu tidak cukup untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Oleh karena itu kamu juga harus menggunakan produk skincare lain agar body wash bisa bekerja dengan maksimal. Kamu bisa menggunakan body lotion atau body butter setelah mandi agar kulit tidak kering dan kelembabannya tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/pilah-pilih-jam-tangan-wanita-terbaik-dengan-tips-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/jenis-sayur-yang-dapat-menjadi-pilihan-untuk-camilan-saat-diet/

http://www.tampilcantik.com/jangan-sampai-salah-yuk-pilih-celana-berdasar-bentuk-tubuhmu-dengan-tips-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kesalahan Skincare yang Membuat Pori-pori Kamu Terlihat Lebih Besar

Minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri