Banyak orang yang menganggap remeh sarapan atau memang tidak mempunyai waktu untuk sarapan. Tidur terlalu malam karena pada malamnya bekerja keras lalu susah bangun pagi sedangkan harus tetap berangkat kerja atau sekolah membuat sarapan sering dilewatkan. Padahal sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh kamu dan kesuksesan kamu di masa depan. Berikut ini adalah manfaat sarapan sehingga kamu jangan melewatkannya.

1. Mengurangi kamu terkena risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat besar sarapan yang akan membuat kamu kaget adalah menjauhkan kamu dari resiko penyakit jantung. Orang yang telah sarapan akan mempunyai energi untuk melakukan berbagai aktivitas sampai siang hari. Orang yang melewatkan sarapan tidak akan memiliki energi sebanyak orang yang sudah sarapan oleh sebab itu saat makan siang, orang yang melewatkan sarapan akan memiliki porsi makan siang yang lebih banyak. Akan ada banyak masalah yang diakibatkan dari makan yang berlebihan yaitu berat badan naik, kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, orang yang tidak melewatkan saraapan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk kena serangan jantung dari pada yang melewatkan sarapan.

2. Mengurangi kamu terkena diabetes

Orang yang tidak sarapan di pagi harinya akan memiliki rasa lapar yang luar biasa di siang hari. Oleh sebab itu, menu makanan yang dipilih terkadang tidak sehat dan porsinya berlebihan sehingga dapat meningkatkan kadar insulin buruk. Jika hal tersebut terjadi maka kamu bisa terkena diabetes.

3. Tingkatkan fungsi kognitif

Jika kamu sarapan di pagi hari, maka kadar glukosa dan karbohidrat esensial akan menghasilakan energi yang akan digunakan oleh otak supaya berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, sarapan dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi kamu serta membuat kamu menjadi merasa bahagia. Sarapan juga dapat membuat mood kamu baik dan mengurangi stres sehingga kamu lebih semangat dalam melakukan berbagai aktivitas.

4. Sarapan yang kaya akan protein dan serat membuat lebih lama kelelahan

Sarapan memang sangat penting dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh oleh sebab itu kamu juga harus pandai memilih menu sarapan. Jangan asal masak dan makan menu sarapan. Sebaiknya kamu sarapan dengan makanan yang mengandung protein tinggi misalnya telur atau ikan laut. Protein yang terkandung dalam menu sarapan dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Jika kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama maka kamu tidak akan makan berlebihan saat jam makan siang.

5. Mengurangi berat badan

Ada kabar baik bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan karena ada salah satu cara menurunkan berat badan dengan cara yang mudah yaitu sarapan. Dalam tubuh terdapat dua distribusi makanan menurut pola makan. Yang pertama yaitu jika mengonsumsi lebih banyak kalori di pagi hari dan kurang di sore dan malam hari maka akan kehilangan rata-rata 17,8 pound dalam waktu tiga bulan. Distribusi yang kedua yaitu makan lebih sedikit di pagi hari dan lebih banyak di sore serta malam hari kehilangan berat badan rata-rata hanya 7,3 pound.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/diet-tetap-terjaga-dengan-memilih-sarapan-yang-menyehatkan/

http://www.tampilcantik.com/gak-suka-sarapan-ternyata-ini-loh-manfaat-sarapan/

http://www.tampilcantik.com/apakah-kamu-sering-kelelahan-saat-bangun-pagi-cobain-deh-sarapan-ini-biar-fit-lagi/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rutin Stretching Selama 8 Menit Bisa Mengubah Hidup Kamu

Apakah kamu malas berolahraga? Suka atau tidak suka,