Apakah kamu sering bangun tidur dengan perasaan rendah diri, cemas, jantung berdebar kencang dan merasa takut akan hari yang kamu lalui? 

Sangat normal untuk bangun dengan rasa cemas atau panik, kata Natalie Wallace, LCSW, seorang dokter terapi perilaku di Behavioral Associates, New York.  Kecemasan di pagi hari bisa berasal dari mimpi buruk yang baru saja Kamu alami, atau bisa jadi berkaitan dengan kegelisahan tentang peristiwa besar yang akan terjadi di tempat kerja atau dalam kehidupan.

Namun, jika kamu mengalami kecemasan hampir tiap hari, hal ini mungkin pertanda yang kurang baik. Kemungkinan besar kamu mengalami gangguan kecemasan dan kamu membutuhkan bantuan.

Apa penyebab gangguan kecemasan di pagi hari?

Biasanya, kecemasan berasal dari pikiran buruk tentang hari yang akan datang.  Ketika kamu mulai memperkirakan tentang seberapa buruk sesuatu akan terjadi di masa datang, seberapa stresnya kamu, dan seberapa lelahnya kamu, itu akan meningkatkan risiko gangguan kecemasan. Ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian jika pernah membayangkan tentang hari yang panjang dan mengerikan.  Tidak bisa  Sekali lagi, adalah normal untuk mengalami salah satu dari hari-hari itu sesekali.

Bagaimana jika kamu mengalami rasa cemas hampir setiap pagi?

Nah, jika kamu terbangun dengan perasaan cemas hampir setiap hari, sebaiknya Kamu menghubungi terapis.  Kecemasan yang konsisten — tidak peduli jam berapa hal itu muncul — dapat menunjukkan gangguan kecemasan umum (GAD).

 Apa tanda-tanda gangguan kecemasan di pagi hari yang harus diwaspadai?

Secara mental, kamu akan merasa seolah-olah ada masalah yang perlu kamu selesaikan atau yang tidak mungkin kamu selesaikan, dan pikiran kamu akan mencoba menciptakan solusi. Kecemasan yang diciptakan oleh pikiran ini dapat menyebabkan gejala fisik termasuk:

  1. Kelelahan
  2. Berkeringat
  3. Mual
  4. Otot-otot Tegang

Selain pikiran yang kacau, jika kamu secara teratur mengalami salah satu dari emosi atau perilaku berikut ketika kamu bangun, ada kemungkinan kamu mengalami gangguan kecemasan umum yang muncul di pagi hari :

  1. Terlalu sering memikirkan hasil terburuk yang terjadi
  2. Khawatir tentang hal-hal yang di luar kendali kamu
  3. Meniup skenario di luar proporsi dengan kenyataan
  4. Kamu takut membuat keputusan yang salah
  5. Kamu tidak dapat melepaskan kekhawatiran

Apa yang bisa saya lakukan untuk berhenti merasa cemas di pagi hari?

Berikut ini adalah lima cara untuk mengatasi gangguan kecemasan yang dapat kamu lakukan sendiri :

  1. Tidur nyenyak sesering mungkin.
  2. Berolahraga secara teratur
  3. Latih metode perawatan diri secara teratur di pagi hari untuk membantu menenangkan Kamu, seperti mandi atau jalan-jalan sebelum memulai hari
  4. Lakukan rutinitas pagi hari, yang dapat membantu mengurangi kecemasan
  5. Beri diri Kamu waktu untuk bersantai dan bangun sebelum mulai masuk ke dalam rutinitas seperti memeriksa handphone, email, atau berita.

Ingatlah bahwa apa pun yang kamu khawatirkan bukanlah masalah yang sangat besar seperti apa yang kamu bayangkan. Kamu pasti dapat menjalaninya, seperti hari-hari lain. Tetapi jika kamu mengalami kecemasan sepanjang waktu, hampir setiap pagi, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat janji dengan dokter. Kamu memerlukan bantuan terapis karena terapi dapat membantu kamu belajar mengatasi kecemasan dan mengajarkanmu cara untuk menghilangkannya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/4-mitos-umum-tentang-kecemasan-dan-depresi/

http://www.tampilcantik.com/tanda-kecemasan-yang-subtil-ini-mungkin-tidak-kamu-sadari/

http://www.tampilcantik.com/3-alasan-mengapa-kecemasan-bisa-merusak-kehidupan-cinta-serta-cara-mengelolanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hand Sanitizer vs. Cuci Tangan, Mana yang Terbaik untuk Mencegah Penyebaran Virus dan Kuman?

Tangan adalah bagian dari tubuh kita yang paling