Jika kamu adalah seseorang yang sedang dalam proses penurunan berat badan untuk sementara waktu, kamu pasti sudah mencari tahu dan mungkin sudah tahu jika metabolisme sangat berperan dalam proses penurunan berat badan. Nah, ketika sampai pada penurunan berat badan, sejumlah faktor terlibat dan tingkat metabolisme kita pastinya salah satunya. Sering kali, kita mungkin tidak sepenuhnya mengerti bagaimana menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan akhirnya tidak berhasil atau bahkan lebih buruk lagi, mengembangkan masalah kesehatan! Misalnya, banyak orang merasa bahwa kelaparan dan makan hampir tidak ada yang bisa membantu mereka menurunkan berat badan dengan cara yang tepat.

Sementara metode diet yang disebutkan di atas mungkin terbukti bekerja dalam waktu singkat, ini bisa sangat tidak sehat dan bahkan bisa menyebabkan kegagalan organ, karena tubuh membutuhkan makanan untuk berfungsi. Jika seseorang tidak mengkonsumsi cukup makanan, maka tingkat metabolismenya melambat, yang dapat menghambat penurunan berat badan, sehingga membuat semua usaha mereka untuk menurunkan berat badan menjadi sia-sia. Jadi, kunci menurunkan berat badan adalah memastikan bahwa kamu mengkonsumsi makanan seimbang, terdiri dari semua nutrisi penting seperti, vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, dan lain-lain, yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik.

Menghindari makanan cepat saji, lemak dan gula tidak sehat, berlatih berolahraga setiap hari, juga sangat penting untuk menurunkan berat badan. Kini, metabolisme bisa digambarkan sebagai kombinasi proses kimiawi yang terjadi di dalam organisme hidup, agar tubuh berfungsi dan bertahan. Metabolisme membutuhkan energi yang diambil dari cadangan lemak dalam tubuh, jadi semakin tinggi tingkat metabolisme kamu, semakin tinggi tingkat kehilangan lemak kamu. Jadi, berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa membantu memperbaiki metabolisme kamu dan dengan demikian membantu penurunan berat badan.

  1. Exercise

Image result for wanita exercise

Olahraga sangat penting untuk mengaktifkan metabolisme kamu ke tingkat yang sehat, sehingga kamu bisa menurunkan berat badan. Olahraga teratur apapun dapat meningkatkan tingkat metabolisme kamu dengan sangat cepat!

  1. Makan Makanan Kecil

Image result for mengonsumsi camilan buah

Mengonsumsi porsi kecil makanan sehat, sering, bukan porsi lebih besar beberapa kali sehari, juga merupakan salah satu trik yang dikenal untuk meningkatkan metabolisme.

  1. Minum Air

Image result for minum air

Jaga diri kamu terhidrasi dengan baik setiap saat dan pastikan kamu minum setidaknya 8 gelas air putih per hari, karena, dehidrasi dapat memperlambat metabolisme dan menghambat penurunan berat badan.

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas

Image result for wanita makan pedas

Banyak penelitian telah menyarankan bahwa mengonsumsi makanan sehat yang tinggi bumbu seperti lada, cabe, dll, juga dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme secara alami, dengan meningkatkan panas tubuh.

  1. Mengonsumsi Ikan

Image result for mengonsumsi ikan

Menambahkan ikan seperti tuna, salmon, dll, juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan, karena ikan mengandung asam lemak omega-3.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Tips Bertahan Hidup dan Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Wabah COVID-19

Saat ini adalah hari-hari yang kritis bagi semua