Apakah kamu mengalami masalah rambut kering? Jika jawabannya adalah “ya”, mungkin saat ini kamu sedang kerepotan mencari cara untuk menanggulangi masalah rambut kering. Sejatinya, rambut tidak bisa tiba-tiba menjadi kering. Semua pasti ada penyebabnya. Nah, sebelum mencari solusi, lebih baik kamu kenali dulu beberapa penyebab utama dari rambut kering yang kamu alami :

  • Penggunaan Alat Styling Panas yang Berlebihan

Apakah kamu menyukai hair dryer atau tidak bisa pergi ke mana pun tanpa menggunakan curling iron? Menerapkan terlalu banyak panas saat menata rambut merupakan faktor utama yang membuat rambut kering dan kusam.  Jangan gunakan alat styling yang panas pada rambut kamu setiap hari, karena hal ini bisa menghilangkan kelembaban alami rambut kamu.

  • Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Salah

Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak diformulasikan untuk jenis rambut kamu dapat memiliki konsekuensi, seperti rambut kering.  Saat memilih sampo dan kondisioner, selalu periksa label produk perawatan rambut sebelum membeli.  Hindari produk yang mengandung alkohol yang  dapat menghilangkan minyak alami dan kelembaban rambut kamu. Cari produk yang diformulasikan dengan minyak perawatan rambut bergizi seperti minyak alpukat, minyak argan, atau minyak kelapa. Itu akan membantu mengatasi rambut kering.

  • Mencuci Rambut Secara Berlebihan

Menjaga kebersihan rambut yang baik adalah penting, tetapi mencuci rambut kamu terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami di rambut kamu — jadi kurangi mencuci rambut.  Rambut keriting bisa jadi lebih rentan kering, sehingga bagi mereka yang memiliki rambut keriting, cukup mencuci rambut sekali atau dua kali seminggu, supaya minyak alami rambut tidak hilang. Nah, selain itu gunakan kondisioner lembut untuk menjaga rambut tetap lembap, halus dan tentunya bergizi juga.  Setelah mencuci rambut, tepuk rambut kamu, jangan gosok rambut kamu supaya kering.  Hal ini akan membantu mencegah hilangnya kelembaban.

  • Penggunaan Pewarna Rambut dan Pemutih  Secara Berlebihan

Bahan kimia keras yang biasa ditemukan dalam pewarna rambut dan pemutih dapat mengangkat minyak alami yang dibutuhkan rambut kamu agar tetap terlihat mengkilap dan sehat.  Jika kamu mewarnai rambut secara teratur, cari sampo dan kondisioner lembut yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai.

  • Faktor Lingkungan

Paparan sinar matahari yang terlalu panas, panas ekstrem, angin dingin, dan kelembaban rendah semuanya bisa berdampak pada rambut kamu.  Kurangi risiko kerusakan rambut dengan mengenakan topi saat kamu sedang berlibur ke pantai atau saat kamu sedang pergi ke suatu tempat yang membuat rambutmu terpapar terik matahari. Kamu perlu menghindari paparan sinar matahari yang berkepanjangan.  Jika kamu berenang di kolam yang diklorinasi, lindungi rambut kamu dengan topi renang.  kamu juga membilas rambut kamu sebelum dan setelah melompat di kolam untuk membantu mencegah helai kamu menyerap semua air yang diklorinasi.

Setelah kamu mengetahui beberapa fakta dan saran untuk rambut kering, kamu bisa mencoba merawat rambut kamu di rumah. Mulai dari hal kecil seperti menggunakan topi, misalnya, atau mulai dari mengurangi penggunaan hair dryer.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/lupain-rambut-kusam-dan-rambut-rusak-dengan-diy-masker-minyak-zaitun-ini/

http://www.tampilcantik.com/bingung-memperlakukan-rambut-rusak-cobalah-hacks-menakjubkan-ini/

http://www.tampilcantik.com/inilah-cara-memperbaiki-rambut-rusak-karena-matahari-yuk-coba-sekarang-juga/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Mendapatkan Classic Blue Hair yang Sempurna

Inilah sebuah panduan lengkap untuk kamu yang ingin