Sushi, sashimi, sup miso, teriyaki dan lainnya menjadi makanan Jepang yang sangat populer di berbagai negara. Apakah kamu suka makanan Jepang? Pastinya akan banyak yang menyatakan suka, tapi tak sedikit juga yang menyatakan kurang cocok dengan makanan Jepang. Terlepas dari kamu suka atau tidak dengan makanan Jepang, ternyata banyak sekali manfaat yang ada di dalamnya lho.

 

Kamu tentu sudah tahu jika penduduk Jepang terkenal dengan umur panjang, awet muda dan kesehatannya. Ternyata ini bisa diakibatkan dari apa yang dikonsumsi kesehariannya lho. Makanan Jepang sendiri identik dengan sayur, sop, kacang serta hidangan laut. Nah, tentunya beragam makanan itu pun memiliki kandungan nutrisi penting misalnya vitamin, mineral, protein dan lainnya yang amat dibutuhkan tubuh. Selain itu penyajiannya juga menjadi alasan betapa bermanfaatnya makanan Jepang.

 

Mencegah obesitas

Perlu diketahui jika tingkat penduduk di Jepang yang mengalami obesitas sangat rendah. Ternyata ini semua adalah karena konsumsi kalori orang Jepang yang rata-rata rendah. Selain itu, pengolahan makanannya juga cenderung banyak yang dikukus, direbus hingga dimakan langsung dalam kondisi mentah. Orang Jepang pun banyak mengasup sayur yang dibuktikan dengan banyaknya jenis sayur di ragam makanan Jepang.

 

Menurunkan berat badan

Apabila kamu sedang dalam program menurunkan berat badan, maka konsumsi makanan Jepang bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Coba kamu lihat jika orang Jepang biasa makan dengan penyajian di piring dan mangkok ukuran kecil sehingga porsi makanmu pun lebih tertata. Hal ini karena berdasar penelitian, ketika seseorang makan dengan piring dan mangkok berukuran besar maka menjadikan porsi makan pun kian banyak. Kamu yang merupakan pejuang diet bisa mencoba cara ini untuk dietmu.

 

Vitamin dan mineral terpenuhi

Seperti yang sudah disebutkan di awal jika makanan Jepang banyak terbuat dari kacang dari mulai tahu hingga sausnya. Kacang kedelai yang paling banyak dimana mengandung isoflavon yang mampu cegah kanker dan osteoporosis. Selain itu, dominasi bahan makanannya cenderung pada sayur, ikan dan juga daging. Sahur dan buah mengandung vitamin dan mineral serta antioksidan dimana bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, jantung, stroke hingga kanker. Untuk ikan-ikanan, kandungannya adalah asam lemak omega tiga sehingga bisa memelihara jantung, sistem saraf, pembuluh darah hingga kesehatan otak.

 

Jaga kesehatan jantung

Kamu tentu tahu jika teh hijau selalu identik dengan orang Jepang. Ya, orang Jepang memang menganggap teh sebagai minuman yang istimewa sehingga ada tradisi minum teh di sana, termasuk teh hijau. Teh hijau ini terbukti mampu turunkan kolesterol jahat serta mampu kurangi risiko kena penyakit jantung serta pembuluh darah lho. Belum lagi ditambah pola makan sehat lainnya misalnya kacang kedelai, sayur dan ikan.

 

Menjaga saluran cerna tetap sehat

Bukan hanya kacang kedelai saja yang istimewa, ada juga kacang merah yang banyak diasup oleh orang Jepang. Kacang merah ini kerap dikonsumsi untuk makanan penutup serta camilan manis dimana dimasukkan ke kue, es krim dan roti. Kacang merah bisa mengurangi risiko diabetes, membantu pencernaan hingga menjaga berat badan.

 

Baca Juga:

Ternyata Makanan Jepang Bisa Membantu Diet Kamu Loh!

Rahasia Tubuh Langsing Orang Jepang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Membuat Salad Berkualitas Dan Menyehatkan, Cocok Untuk Diet Lho

Sebagai pejuang diet, kamu tentu harus memperhatikan benar