Pernah berkeinginan untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat? Berdasar dari penelitian, rambut normalnya tumbuh sebanyak 1 inchi dalam dua hingga tiga minggu. Namun tentunya banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut ini, dimana untuk beberapa orang rambut bisa tumbuh lebih lambat atau cepat.

Nah di bawah ini, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan bila ingin rambut tumbuh dengan cepat. Jangan khawatir, 5 hal ini tak akan terlalu sulit untuk dilakuan kok. Di bawah ini ya.

1. Makanan yang tepat

Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Sudah pernah mendengar bukan bahwa salah satu kunci rambut tumbuh lebih cepat terdapat dalam makanan kamu? Semakin bergizi yang kamu makan, maka pertumbuhan sel rambut pun akan menjadi cepat.

Rambut terutama membutuhkan protein, iron, zinc, omega-3s dan vitamin B12 yang terdapat di dalam beberapa bahan makanan yang menggandung asam lemak. Seperti salmon, avocado, telur (terutama kuning telur), sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. Dan pastinya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak jahat serta gula.

2. Jangan terlalu sering melalukan trim

Banyak yang berpendapat bahwa salah satu cara untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat adalah dengan melakukan trim. Di sisi lain pendapat tersebut benar karena trim bisa “membuang” bagian rambut yang rusak atau pecah-pecah. Yang nantinya membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat.

Namun terlalu sering trim (dan terlalu banyak) membuat rambut kamu seakan tidak tumbuh. Bayangkan saja bila rata-rata dalam 2 atau tiga minggu tumbuh hingga 1 inchi, maka sebaiknya tak dipotong lebih dari itu.

Baca juga 6 Langkah Jitu yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri Agar Rambutmu Sehat dan Tidak Rontok Lagi

3. Beri perhatian lebih pada kulit kepala

Berikutnya, berikan perhatian lebih pada kulit kepala. Kulit kepala merupakan “ladang” tempat dimana rambut kamu akan tumbuh. Karena itu kesehatan kulit kepala pun seharusnya menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan bila ingin rambut tumbuh dengan lebih cepat dan sehat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala ini. Bisa dengan menggunakan shampoo yang tepat hingga memberikan vitamin tambahan pada kulit kepala.

4. Jaga kelembaban rambut

Rambut yang kering rupanya lebih lambat dalam hal pertumbuhan dibandingkan rambut yang lembab dan juga sehat. Karena itu, pastikan rambut tak terkena sinar matahari yang nantinya bisa menyebabkan rambut menjadi lebih kering.

Selain itu juga gunakan leave in conditioner dan vitamin rambut untuk memastikan kelembabannya.

5. Tak perlu terlalu banyak menggunakan panas

Kebiasaan mengeringkan rambut, mengeriting, hingga meluruskan rambut rupanya juga menjadikan pertumbuhan rambut terhambat. Ini kembali lagi pada alasan keempat karena tindakan ini menjadikan rambut menjadi kering, yang nantinya membuat rambut rusak.

Ketika mengeringkan rambut pastikan menggunakan setting cold pada hairdryer, dari pada menggunakan pengaturan panas yang nantinya bisa menjadi alasan dari rambut yang rusak dan kering.

Baca juga Langkah demi Langkah Mengatasai Rambut yang Menipis. Selamat Datang Rambut Tebal!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Nggak Usah Bingung Lagi, Ini Perbedaan Essence, Ampoule Dan Serum

Sejak popularitas dari drama dan musik Korea yang