PMS atau premenstrual syndrome adalah istilah untuk rasa sakit ketika menstruasi. Gejala rasa sakit ini biasanya adalah sakit perut bagian bawah, pusing, mual, dan sejenisnya. Hampir setiap wanita pasti pernah mengalami PMS, bahkan ada beberapa yang hingga pingsan karena tidak kuat menahan rasa sakit.

Nyeri haid atau PMS sebenarnya adalah hal yang wajar namun bila rasa sakitnya sudah mulai menganggu aktivitas, kamu perlu memberikan perhatian yang lebih. Biasanya nyeri haid bisa dihilangkan dengan minum obat. Namun bila kamu tidak ingin mengkonsmsi obat, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk meredakan nyeri haid.

Cek jadwal haid

Salah satu penyebab nyeri haid adalah hormon estrogen yang berlebih dalam tubuh. Sehingga solusi untuk meredakan nyeri haid adalah dengan membuat tubuh membuang kelebihan hormon estrogen ini. Bila sistem pencernaanmu kurang bagus, hormon estrogen biasanya akan lebih banyak diserap dalam darah melalui sistem pencernaan. Pencernaan yang bagus adalah kunci untuk membuang kelebihan hormon estrogen. Kamu bisa mulai sistem pencernaan yang bagus dengan mengatur pola diet.

Perhatikan pola diet

Pola diet mempunyai peran yang sangat penting untuk keseimbangan hormon. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pola diet yang baik membuat sistem pencernaan yang sehat. Kamu bisa menambahkan lebih banyak sayuran untuk setiap menu makanan. Selain itu, untuk mengurangi nyeri haid, kamu bisa menambahkan asupan lemak omega-3 untuk mengurangi PMS. Makanan yang kaya dengan magnesium juga bisa membantu mengurangi rasa sakit ketika haid.

Jangan lupa vitamin

Bila dibutuhkan, kamu bisa juga mengkonsumsi vitamin tambahan seperti Vitamin B untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid. Selain vitamin, suplemen seperti CDG atau calcium D-Glucarate juga membantu menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Untuk konsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu, kamu sebaiknya berkonsulatsi terlebih dahulu dengan dokter.

Olahraga ringan

Sebagian besar orang menjadi lebih malas bergerak ketika sedang haid. Memang rasa sakit dan tidak nyaman membuat orang lebih memilih untuk tiduran saja. Padahal olahraga secara teratur bisa membantu mengurangi rasa sakit ketika haid. Olahraga membantu meningkatkan mood dan juga mengurangi rasa kembung. Kamu bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan atau jogging bila tidak nyaman dengan olahraga yang berat dan intens.

Selain olahraga, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk mengurangi rasa sakit ketika PMS. Hal ini karena meditasi membuat pikiran lebih bahagia, menurunkan hormon stress dan sebagainya. Kamu bisa melakukan olahraga ringan dan juga meditasi secara rutin dan tidak hanya ketika haid saja agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Hilangkan kebiasaan buruk

Mungkin secara tidak sadar kamu mempunyai beberapa kebiasaan buruk yang berdampak pada rasa nyeri ketika haid. Kebiasaan buruk seperti konsumsi lemak trans, gula, garam berlebih, dan junk food bisa menyebabkan nyeri haid. Selain itu, kamu juga harus menghindari stress dan menenangkan pikiran.

Bila rasa nyeri haid dirasa sangat parah atau meyebabkan kesulitan beraktivitas, kamu mungkin perlu mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun sebelumnya kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/4-alasan-mengapa-kamu-mengalami-nyeri-haid-yang-parah/

http://www.tampilcantik.com/girls-cobain-ini-deh-agar-haid-kamu-teratur-dan-lancar/

http://www.tampilcantik.com/wajib-tau-hindari-meminum-minuman-yang-dapat-menyebabkan-kanker-di-saat-kamu-sedang-haid/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan