Rambut merupakan mahkota wanita. Tidak heran jika perawatannya pun harus dilakukan secara khusus. Para wanita pun bersedia mengeluarkan uang yang tak sedikit jumlahnya demi mendapatkan rambut yang didambakan. Sebetulnya rambut panjang, pendek, lurus, keriting, bergelombang dan lain sebagainya, semuanya tetap cantik. Namun, asalkan rambut tersebut terawat dan sehat.

Perawatan untuk rambut sebetulnya tidak melulu harus dilakukan lewat salon. Kamu pun bisa melakukan perawatan rambut sendiri di rumah. Beberapa perawatan harian yang pastinya dilakukan mulai dari keramas dengan sampo dua hari sekali, menggunakan kondisioner, menambahkan vitamin atau melakukan masker rambut.

Meski demikian, dalam hal perawatan rambut di rumah biasanya banyak wanita yang ternyata melakukan kesalahan. Kesalahan perawatan tersebut ternyata mampu menjadikan rambut menjadi tipis. Berikut ini ulasannya.

1. Memilih shampo yang menjadikan rambut kering

Kamu mungkin belum tahu jika ternyata shampo biasa mengandung sulfat dan juga paraben sehingga bisa sebabkan rambut menjadi kering. Shampo semacam ini jika dipakai secara rutin maka akan bisa menjadikan rambutmu jadi kian kasar, bercabang dan kering. Jika dibiarkan terus menerus, maka batang rambut akan jadi sangat rapuh sehingga kerontokan pun bisa terjadi. Itulah mengapa kamu sebaiknya mengganti shampo dengan conditioner cleansing yang lebih lembut. Meski demikian, produk tersebut tetap bisa bersihkan rambut dan juga kulit kepala dari kotoran dan minyak.

2. Terlalu sering keramas

Sesuai yang disebutkan di awal dimana dalam keramas ada baiknya hanya dilakukan dua hari sekali. Meski demikian banyak juga wanita yang menganggap keramas setiap hari akan menjadikan rambut bisa bersih dan lembut. Anggapan ini salah karena rambut justru bisa kian rapuh dan juga mudah sekali rontok. Tentu jika terus terjadi maka rambut akan makin tipis. Dibanding keramas, cobalah memakai dry shampoo.

3. Tidak memakai heat protectant

Haid dryer, catokan hingga pengeriting rambut bisa menjadikan rambut kering dan juga rusak. Hal ini karena suhu panas yang ada di alat styling tersebut bisa menjadikan lapisan kutikula yang ada di rambut menjadi rapuh dan rusak. Jika kamu suka menggunakan alat styling, maka ada baiknya kamu semprot dulu heat protectant. Dengan demikian, maka rambut akan lebih bisa terlindungi.

4. Salah sisir

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis sisir. Jenis sisir yang dipergunakan ini juga bisa memberikan pengaruh pada kesehatan rambutmu. Untuk rambut kusutmu, sisir berbahan plastik sangat direkomendasikan. Meski demikian sisir plastik bisa tarik rambut sampai ke akar sehingga bisa jadikan rambut rontok makin banyak jika dibandingkan dengan jenis sisir lain.

5. Memakai hair dryer kualitas rendah

Perlu diketahui jika tidak semua hair dryer dibuat dengan spesifikasi serta teknologi yang sama. Dengan demikian maka pasti ada hair dryer yang bagus dan ada juga yang tidak. Hair dryer dengan kualitas rendah biasanya hanya bisa keluarkan udara panas saja tanpa lindungi rambut dimana fungsinya hanya pengeringan saja. Untuk itu pastikan kamu pakai hair dryer dengan kualitas yang baik.

Baca Juga Inilah Cara Memperbaiki Rambut Rusak Karena Matahari, Yuk Coba Sekarang Juga !

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikutin Tips Berikut Agar Tetap Cantik Dan Tampil Eksotis Dengan Kulit Sawo Matang Kamu

Definisi cantik tak harus selalu wanita dengan kulit