Ikan memang menjadi salah satu jenis lauk yang banyak disukai oleh orang kebanyakan. Bukan hanya masyarakat yang tinggalnya di pesisir pantai saja yang bisa merasakan betapa nikmatnya makan ikan, tapi juga semua orang pun bisa. Selain dari segi citarasanya yang lezat, kandungan yang ada di ikan pun juga sangat bernutrisi serta bergizi untuk menyehatkan tubuh.

 

Ikan adalah bahan makanan yang kaya protein, lemak sehat dan juga mineral. Kandungan asam lemak omega tiga yang ada di dalam ikan pun amat dibutuhkan oleh tubuh lho. Ya, memang selarang mudah sekali untuk menemukan suplemen berupa asam lemak omega tiga telah dijual dengan bebas, tapi kamu tetap saja disarankan agar memperoleh nutrisi tersebut dari makanan, yakni ikan laut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat konsumsi ikan untuk kesehatanmu.

 

Cegah penyakit jantung

Ikan laut mengandung protein yang sangat tinggi tapi dengan kadar kolesterol yang cenderung lebih rendah dibanding daging merah. Tentunya ini menjadikan daging ikan pun jadi sumber protein menyehatkan yang amat baik bagi jantung. Penelitian juga sudah mendukung fakta tersebut karena rutin konsumsi ikan dengan asam lemak omega tiga tinggi bisa jadikan kadar lemak di darah turun dan mampu turunkan risiko untuk penyakit jantung.

 

Jaga fungsi dan kesehatan otak

Salmon, teri hingga ikan sarden menjadi ikan yang sangat kaya dengan kandungan berupa asam lemak omega tiga yang amat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Bukan itu saja, penelitian pun juga sudah menemukan jika konsumsi ikan laut pun mampu membantu untuk redakan tanda depresi dan demensia di lansia dan baik untuk bisa jaga kesehatan otak.

 

Dukung kesehatan tulang

Kamu tentu tahu manfaat besar dari vitamin D dimana bisa didapatkan dari bantuan sinar matahari. Namun bukan itu saja, vitamin D juga bisa kamu dapat dari ikan laut lho. Ya, bahkan ikan laut juga mengandung kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya. Tak heran jika ikan laut pun amat baik untuk anak dalam masa tumbuh kembangnya.

 

Baik bagi penderita gangguan di tiroid

Kandungan mineral yang baik di ikan laut berupa selenium dan yodium pun juga disebut baik sekali untuk penyakit tiroid. Hal ini karena penelitian menyebutkan jika kemungkinan seseorang yang kekurangan yodium akan meningkatkan kemungkinan seseorang kena penyakit tiroid lho. Untuk itulah, ikan laut jadi asupan yang sangat direkomendasikan sehingga bisa memenuhi kebutuhan yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Penelitian lainnya juga menyebutkan jika kanungan selenium yang ada di ikan laut pun bisa bantu pelihara fungsi tiroid dan bahkan bisa cegah kerusakan di tiroid.

 

Jaga kesehatan mata

Jika pola makan kamu tinggi dengan asam lemak omega tiga yang bisa didapat dari ikan laut, maka kesehatan mata juga akan bisa maksimal lho. Penelitian ini menunjukkan jika orang yang rutin konsumsi ikan laut ataupun suplemen omega tiga dengan dosis tertentu maka bisa meminimalisir penyakit degenerasi makula dan rusaknya retina. Kalau begini, apa iya kamu masih malas untuk makan ikan laut?

 

Baca Juga :

Makanan Super Ampuh dalam Menjaga Kesehatan Wanita

Catat! Inilah Daftar Makanan Yang Memproduksi Kolagen di Tubuh

Konsumsi Makanan Jepang Bermanfaat Untuk Diet Lho, Yuk Cari Tahu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ternyata Olahraga Berlebihan Itu Tidak Baik, Yuk Atur Lagi Jadwal Olahraga Untuk Dietmu

Olahraga rutin tentu sangat penting untuk rencana diet